Hacker Mengincar, Ini Bahayanya Suka Pamer di Medsos

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
08 November 2019 11:22
Hacker Mengincar, Ini Bahayanya Suka Pamer di Medsos Foto: infografis/PERAMPOKAN UANG DIGITAL TERBESAR/Aristya Rahadian Krisabella
Yogyakarta, CNBC Indonesia- Mungkin tidak banyak yang sadar bahwa ada banyak pelaku kejahatan di dunia maya. Dan banyak juga dari mereka yang korbannya adalah milenial.

Pada dasarnya, cyber crime tidaklah mengenal tempat dan waktu. Namun setiap tahunnya hal itu terus meningkat.

Ricky Setiadi, Sr. Manager Information, Security Blibli.com mengatakan bahwa ada cara tepat untuk mencegah cyber crime pada milenial. Dia menyarankan agar jangan terlalu show off dalam memosting suatu hal dan jangan menggunakan data pribadi yang real.


"Yang pasti jangan show off di sosial media dan be your self. Hindari juga menggunakan data pribadi yang real karena itu dapat membuat Anda mudah dilacak untuk tindak kejahatan," ujar Ricky saat acara Jenius x Blibli untuk Digital Savvy, Yogyakarta, Jumat (8/11/2019).


Dia melanjutkan bahwa jangan membentuk pola yakni selalu mengupdate apapun kegiatan Anda. Ini membuat Anda mudah dicirikan sehingga memancing tindak kejahatan.

Kemudian, jangan mudah percaya terhadap siapapun sekalipun Anda dekat. Itu karena dunia maya begitu bertebaran dan manusia sejatinya juga memiliki sisi negatif.

"Jangan percaya dengan siapapun unless kita dekat. Jangan percaya di dunia cyber dan haruslah zero trust. Setiap manusia punya sisi negatif jadi be awere," ungkap dia.


Selain itu, janganlah lupa untuk mengganti kata sandi akun-akun yang penting secara berkala. Pastikan juga untuk menggunakan kombinasi karakter huruf, angka dan atau simbol yang rumit agar tidak mudah dijebol.

[Gambas:Video CNBC]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading