Bank Bertarung Lawan Fintech, OJK Dorong Merger-Akuisisi

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
06 November 2019 21:12
Jakarta, CNBC Indonesia - Aset perbankan Indonesia saat ini mencapai sekitar Rp 9.000 triliun. Tantangan perbankan makin besar, mulai dari ketidakpastian ekonomi sampai gempuran fintech.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan sekaligus Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Heru Kristiyana, mengatakan konsolidasi perbankan lewat merger dan akuisisi penting dilakukan. Sehingga bank kuat menghadapi persaingan dan guncangan ekonomi.

"Tantangan ke depan ada fintech, ada P2P (peer to peer) lending, ada shadow banking dan segala macam. Nah anda (pemilik bank) mampu tidak menghadapi tantangan itu. Jangan sampai malah mengganggu stabilitas sistem keuangan," tutur Heru di Jakarta, Rabu (6/10/2019).


Konsolidasi perbankan ini khususnya didorong untuk bank BUKU I dan BUKU II. Jumlah bank di Indonesia memang cukup banyak dan mayoritas dari bank ini adalah berskala kecil.



Bank BUKU I memiliki modal inti di bawah Rp 1 triliun, BUKU II modal inti Rp 1 triliun-Rp 5 triliun. BUKU 3 dengan modal inti Rp 5 triliun- Rp 30 triliun. Kemudian BUKU IV dengan modal inti di atas Rp 30 triliun.

Dalam data OJK, ada 6 bank BUKU IV, 26 bank BUKU III, 59 bank BUKU II, dan 21 bank BUKU I.

[Gambas:Video CNBC]



Menurut Heru, jangan sampai bank-bank kecil yang tidak tahan guncangan mengganggu industri perbankan secara nasional. Karena itu, dia mengimbau pemilik bank-bank berskala kecil untuk mencari partner untuk merger atau diakuisisi oleh bank besar, memperkuat permodalannya.

Bank Bertarung Lawan Fintech, OJK Dorong Merger-AkuisisiFoto: Dok. OJK


Namun tak hanya bank kecil, konsolidasi berupa merger atau penggabungan usaha, ujar Heru, bisa dilakukan oleh bank-bank besar dengan aset di at as Rp 100 triliun.

"Supaya nanti kita mempunyai bank yang kuat di lingkup regional, tidak hanya jago kandang. Kan begitu. Kan bagus, bank yang sudah (beraset) Rp 100 triliun-Rp 200 triliun bisa digabung, wah saya seneng banget. Artinya kita cepat mempunyai bank yang bisa bersaing di lingkup regional dan internasional. Kan bagus," tegas heru.



'Paksa' Merger-Akuisisi Lewat Akuisisi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading