Cara Cek Program Versi Jokowi: Seperti Cek WhatsApp

Tech - Lidya Julita S & Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
20 October 2019 16:37
Cara Cek Program Versi Jokowi: Seperti Cek WhatsApp
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menjadi Presiden untuk periode keduanya. Hal ini setelah membacakan sumpah di hadapan MPR.

Jokowi memberikan pidato pertamanya sebagai Presiden dalam periode keduanya.

Jokowi bercerita soal kekecewaannya saat bawahannya melaporkan sebuah program yang katanya sudah terlaksana. Padahal setelah dicek di lapangan belum.


"Seringkali birokrasi melaporkan bahwa program sudah dijalankan, anggaran telah dibelanjakan, dan laporan akuntabilitas telah selesai. Kalau ditanya, jawabnya "Program sudah terlaksana Pak." Tetapi, setelah dicek di lapangan, setelah saya tanya ke rakyat, ternyata masyarakat belum menerima manfaat," papar Jokowi di Gedung MPR, Minggu (20/10/2019).

"Ternyata rakyat belum merasakan hasilnya."
Cara Cek Program Versi Jokowi: Seperti Cek WhatsAppFoto: Presiden Joko Widodo saat mengadiri sidang paripurna dengan agenda pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024.

Jokowi mengibaratkan mengecek program seperti mengecek WhatsApp atau SMS.

"Sekali lagi, yang utama itu bukan prosesnya, yang utama itu hasilnya. Cara mengeceknya itu mudah. Lihat saja ketika kita mengirim pesan melalui SMS atau WA."

"Ada sent, artinya telah terkirim. Ada delivered, artinya telah diterima. Tugas kita itu menjamin delivered, bukan hanya menjamin sent."

"Saya tidak mau birokrasi pekerjaannya hanya sending-sending saja. Saya minta dan akan saya paksa bahwa tugas birokrasi adalah making delivered. Tugas birokrasi itu menjamin agar manfaat program dirasakan oleh masyarakat," papar Jokowi.


(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading