Yahoo Groups Tutup, Ini Cara Amankan Data Kamu

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
17 October 2019 16:07
Yahoo Groups Tutup, Ini Cara Amankan Data Kamu
Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah mematikan Yahoo Messeger, Yahoo memutuskan untuk menutup layanan Yahoo Groups. Semua aktivitas pengguna dalam Yahoo Groups akan dihapus.

Berdasarkan keterangan resmi perusahaan, proses penutupan ini akan dilakukan dalam dua tahap. Pertama, mulai 28 Oktober 2019, pengguna tidak akan bisa lagi menunggah (upload) konten ke Yahoo Groups. Kedua, 14 Desember 2019, semua konten akan dihapus secara permanen.


"Pengguna akan memiliki waktu hingga saat ini (14 Desember) untuk mengambil semua data yang pernah diupload," jelas Yahoo dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari keterangan resmi Google.


Data yang akan dihapus adalah file, polling, tautan (link), foto, folder, database, kalender, lampiran (attactments), percakapan, pembaruan email, intisari pesan, dan riwayat pesan.

Yahoo Groups Tutup, Ini Cara Amankan Data KamuFoto: foto : Yahoo Group

Yahoo menambahkan situs Yahoo Groups ini akan tetap ada, namun semua grup publik akan dijadikan private atau dibatasi. Nantinya dalam grup baru setiap calon anggota harus meminta undangan atau diundang oleh admin. Adapun admin masih tetapi bisa mengelola berbagai pengaturan grup, meskipun beberapa fungsi akan dibatasi.

"Anda masih dapat berkomunikasi dengan grup Anda melalui email dan mencari grup private di situs. Selain itu, admin akan terus memiliki akses terbatas ke pengaturan grup dan alat administrasi," jelas Yahoo.


Nah untuk mendapatkan data pengguna diberikan dua opsi. Pertama, mengenai data dan file, pengguna dapat mengklik link ini. Pengguna akan diizinkan mendownload foto atau file bahkan menghapus.

Kedua, menghapus semua data melalui privacy dashboard yang ada, pengguna dapat mengklik link ini. Pilihannya adalah bisa download seluruh data atau langsung menghapusnya.



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading