Punya 15 Aplikasi Ini di HP Android? Delete Segera!

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
14 October 2019 13:38
Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga riset keamanan (Security) asal Inggris Sophos kembali menemukan aplikasi berbahaya yang Wajib di delete dari ponsel Android. Aplikasi ini dengan sangat mudah ditemukan di Play Store.

Dalam laporan terbaru Shopos, ada 15 aplikasi berbahaya yang mengandung malware dan adware tipuan. 15 Aplikasi ini telah didownload lebih dari 1,3 juta kali, seperti dilansir dari The Express, Senin (14/10/2019).


Dalam laporannya, salah yang disoroti Shopos menyoroti aplikasi Flash On Calls & Message. Aplikasi ini menunjukkan notifikasi palsu yang menyebut layanan eror ketika diluncurkan di ponsel, dengan menyatakan aplikasi tidak kompartible dengan perangkat.


Kemudian aplikasi tersebut membawa pengguna ke Google Maps di Play Store yang mengelabui korban dan seolah-olah inilah yang menjadi penyebabnya. Aplikasi ini sangat sulit untuk di uninstall.

Aplikasi lainnya menggunakan tipuan sebagai 'Update', 'back up' dan 'Time Zone Service'.

"Jika Anda merasa aplikasi yang baru saja diinstall bermasalah, ketuk Pengaturan (setting) dan kemudian Application & Notification. Aplikasi paling baru dibuka akan muncul dalam daftar di bagian atas halaman ini," ujar Shopos.

"Jika Anda merasa salah satu dari aplikasi tersebut menggunakan ikon Android generik (yang terlihat seperti siluet Android biru kehijauan) dan memiliki nama yang terdengar generik ('Back Up,' 'Update,' 'Time Zone Service') ketuk ikon 'Force Stop' diikuti oleh 'Uninstall."



Berlanjut ke halaman 2 >>>



Daftar Aplikasi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading