Lupakan Android 10, Google Sudah Siapkan Android 11

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
12 October 2019 18:11
Lupakan Android 10, Google Sudah Siapkan Android 11 Foto: android 10 (ist)
Jakarta, CNBC Indonesia - Pada bulan September 2019 lalu, Android 10 baru saja dirilis secara resmi dan hanya tersedia pada sejumlah smartphone. Namun belum lama ini, Google mengkonfirmasi sistem operasi berikutnya, yaitu Android 11.

Sepertinya tidak bisa dipungkiri kalau Android 10 yang baru dirilis sebulan lalu akan segera digantikan oleh Android 11. Sebab kabar ini mencuat ketika Google mengumumkan rencana untuk KTT Android Dev pada akhir Oktober, dan salah satu acaranya diberi judul 'Mempersiapkan Penyimpanan Scoped di Android 11'.

Dilansir dari TechRadar, penyimpanan Scoped adalah cara mengatur informasi dan file yang dapat diakses dari sebuah aplikasi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keamanan serta kecepatan membaca dan menulis aplikasi.

Sebenarnya fitur ini dimaksudkan untuk menjadi bagian dari Android 10, namun ditarik kembali karena keluhan pengembang karena alasan teknis dalam penerapan fitur tersebut.


Kejutan lainnya adalah Google juga sudah mengkonfirmasi nama Android 11 sebelum rilis. Sebelumnya, perusahaan teknologi ini memang menggunakan nama kode untuk merujuk ke perangkat lunak buatan mereka. Android 10 dikenal sebagai Android Q, Android 9 adalah P, dan sebagainya.

Ketika Android 10 diumumkan, Google berjanji untuk maju dengan sistem organisasi berbasis numerik alih-alih berdasarkan abjad, dan sekarang tampaknya mereka melakukan hal yang sama dengan nama kode.

Sebelumnya, Android 10 juga dikonfirmasi hanya beberapa minggu sebelum rilis, tetapi kini banyak orang sudah tahu bahwa Android 11 akan menggantikannya, bahkan sebelum Android 10 tersedia di sebagian besar ponsel pintar. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading