Alasan Tokopedia Ogah Ekspansi ke Luar Negeri

Tech - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
10 October 2019 20:39
Alasan Tokopedia Ogah Ekspansi ke Luar Negeri
Jakarta, CNBC Indonesia - Tokopedia jadi satu-satunya startup unicorn Indonesia yang belum melebarkan sayap ke Asia Tenggara. Ternyata Tokopedia miliki alasan tersendiri.

Pendiri dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan go local lebih menarik bagi Tokopedia ketimbang go global. Go lokal adalah istilah untuk menguatkan penetrasi di dalam negeri ketimbang ekspansi ke luar negeri.


"Untuk mengedukasi masyarakat Thailanda atau Singapura effort-nya sama dengan mengedukasi masyarakat pedesaan, petani, nelayan sehingga mereka mendapat penghasilan," ujar William di Jakarta, Kamis (10/10/2019).


Berdasarkan riset LPEM FEB UI, pada 2018 gross merchant value atau transaksi dalam platform sudah mencapai Rp 73 triliun. Tahunini diperkirakan nilai menjadi Rp 222 triliun atau setara 1,5% terhadap perekonomian Indonesia.

Tahun 2018 ada 5 juta penjual di Tokopedia. Sekarang ini jumlah penjualannya mencapai 6,4 juta. Adapun jumlah pengguna sudah mencapai 90 juta. Tokopedia juga disebut telah menciptakan 1,136 juta lapangan pekerjaan.

"Dua dekade berikutnya Tokopedia harus bisa berkontribusi 5 persen pada perekonomian Indonesia," terangnya.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading