Android 10 Resmi Dirilis, Ini Deretan Fitur Canggihnya

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
04 September 2019 10:56
Google resmi mengirimkan pembaruan versi final Android 10 mulai 3 September 2019 waktu setempat.
Jakarta, CNBC IndonesiaGoogle resmi mengirimkan pembaruan versi final Android 10 mulai 3 September 2019 waktu setempat. Ponsel keluarga Pixel akan jadi pertama yang mendapatkan operating system anyar ini.

Google janji akan menggulirkan pembaruan ini pada ponsel non-pixel tahun ini. Berikut beberapa fitur-fitur yang menarik dari Android 10, seperti dikutip dari PhoneArena, Rabu (4/9/2019).


Dukung Ponsel Layar Lipat. Ponsel layar lipat memang belum jamak digunakan tetapi ada peluang ini akan menjadi ponsel masa depan. Android 10 mendukung kemampuan multitaksking multi-jendela, yang memungkinkan perangkat yang dilipat bisa menjalankan sistem stiap kali layar dilipat atau dibuka.


Dukung teknologi 5G. Android 10 memberikan pengembang (developer) dapat membuat aplikasi dan game yang memberikan pengalaman terbaik saat ponsel Anda terhubung ke jaringan 5G.

Android 10 Resmi Dirilis, Ini Deretan Fitur CanggihnyaFoto: android 10 (ist)

Navigasi gestur. Dengan Android 10 pengguna mendapatkan mode navigasi gestur baru, yang membuat pengguna ponsel bisa menjalankan aplikasi tanpa menyentuh layar.

Dark Mode. Android 10 memberikan tampilan antarmuka ponsel menjadi lebih gelap dari sebelumnya. Aplikasi-aplikasi yang ada di ponsel juga akan bisa menggunakan dark mode ketika fitur ini diaktifkan. Baterai ponsel juga akan semakin hemat dengan adanya dark mode.


Penguat Suara (Sound Amplifier). Berkat fitur ini, perangkat Android 10 dapat meningkatkan suara dan menyaring suara latar saat headphone terpasang. Pengguna jadi bisa mendengar semuanya dengan lebih jelas saat berada di lingkungan yang berisik.

Live Caption. Fitur ini secara otomatis akan menandai video, podcast, atau pesan audio sederhana ketika sedang diputar di ponsel dan memberikan semacam subtitle.


Bubble. Fitur ini sama dengan yang ada Facebook Messenger Chat Head. Sebuah gelembung yang muncul di ponsel ketika ada yang menghubungi. Anda bisa membalas langsung pesan tersebut meski membuka aplikasi lain. Caranya tinggal mengetuk gelembung tersebut.

Wi-Fi dan QR code. Dulu sharing Wi-Fi dengan ponsel lain harus menggunakan password. Kini dalam Android Q tinggal memindai QR Code yang bisa didapatkan di setting Wi-Fi.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading