Maaf OPPO & Xiaomi, Samsung Masih Rajai Pasar Ponsel RI

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
30 August 2019 14:14
Smartphone Samsung masih merajai industri ponsel tanah air, meskipun pangsa pasar Oppo terus membesar mendekati Samsung.
Jakarta, CNBC Indonesia - Smartphone Samsung masih merajai industri ponsel tanah air, meskipun pangsa pasar Oppo terus membesar mendekati Samsung. Hal ini merupakan riset IDC Indonesia yang dipublikasikan hari ini (30/8/2019).

Pada Kuartal II-2019, Samsung menguasai 26,9% pasar ponsel Indonesia. Sisanya, Oppo 21,5%, Vivo 17%, Xiaomi 16,8% dan Realme 6,1%. Lainnya diisi oleh merek ponsel lainnya.


Market Analyst IDC Indonesia, Risky Febrian mengatakan kehadiran Samsun Seri Galaxy berhasil memperkuat posisi samsun di segmen menengah (US$200-US$400) dan segmen premium (US$400-US$600), di mana Samsung mampu menawarkan perangkat dengan spesifikasi, fitur dan rentan harga yang lebih kompetitif.


"OPPO memperoleh pangsa yang signifikan di segmen low-end (US$100-US$200) karena cakupannya yang luas di pasar offline dan didukung oleh peluncuran model baru A1K," ujar Risky Febrian dalam keterangan resmi yang diperoleh CNBC Indonesia, Jumat (30/8/2019).

Maaf OPPO & Xiaomi, Samsung Masih Rajai Pasar Ponsel RIFoto: Pasar ponsel RI kuartal II-2019 (IDC)

Risky Febrian menambahkan Vivo terus menunjukkan pemasaran yang agresif baik offline maupun online, hal ini memungkinkannya untuk mendorong permintaan produk-produk kelas menengah (US$200-US$400), khususnya pada seri V15.

"Xiaomi memperkenalkan model Redmi 7 dan Redmi Note 7. Redmi Go mampu melampaui pengiriman Advan dan Evercoss di kelas ultra low-end (

"realme menerapkan strategi portofolio produk yang agresif dan memperkenalkan seri C2 dan 3 Pro. Selain spesifikasi dan desain fisiknya yang kompetitif, realme menerapkan inisiatif pengendalian harga yang ketat. Hal ini memberikan keunggulan dibandingkan pesaingnya dalam kisaran harga yang sama."

Hasil riset IDC berbeda dengan riset milik Canalyst yang menyebut pada kuartal II-2019 OPPO berhasil merebut tampuk kepemimpinan pasar ponsel Indonesia dari tangan Samsung.


Dalam riset terbaru, pada kuartal II-2019 Oppo memiliki pangsa pasar 26% dengan pertumbuhan secara tahunan 54%. Sementara Samsung memiliki pangsa pasar 24% atau hanya tumbuh 10%.

Peringkat ketiga dipegang oleh Xiaomi yang memiliki pangsa pasar 15% karena penjualan tumbuh negatif 9%. Adapun Vivo dan Realme menguasai 15% dan 7% pasar ponsel Indonesia, seperti dikutip dari detikINET, Selasa (13/8/2019).

Maaf OPPO & Xiaomi, Samsung Masih Rajai Pasar Ponsel RIFoto: Top Smartphone (Canalys)


Simak video tentan geliat pasar ponsel RI di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading