Uang Facebook Libra Bisa Hentikan Dominasi Dolar AS?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
26 August 2019 14:54
Uang Facebook Libra Bisa Hentikan Dominasi Dolar AS?
Jakarta, CNBC IndonesiaMata uang digital yang didukung oleh bank sentral dapat menggantikan dolar sebagai mata uang utama dunia. Prediksi ini disampaikan Gubernur Bank Sentral Inggris, Mark Carney.

Berbicara di Simposium Kebijakan Ekonomi di Jackson Hole, Wyoming, pada hari Jumat (23/8/2019), Mark Carney membahas perlunya sistem moneter dan keuangan internasional (IMFS) baru sebab dampak dari perang dagang pada ekonomi nasional dan dolar telah mendominasi lebih dari satu abad dalam perekonomian dunia.


Mark Carney menyoroti penggunaan dolar dalam penerbitan sekuritas internasional, penggunaannya sebagai mata uang utama dalam perdagangan internasional dan fakta banyak perusahaan yang menggunakan dolar dalam pembayaran.


"Perkembangan ekonomi AS dapat memengaruhi nilai tukar dolar, dan dapat memiliki efek yang cukup besar ke seluruh dunia. Sementara ekonomi dunia sedang disusun kembali, dolar AS tetap sama pentingnya dengan ketika Bretton Woods runtuh," ujar Mark Carney seperti dikutip dari Coindesk, Senin (26/8/2019).

Carney menyarankan sejumlah kemungkinan penggantian dolar, termasuk renminbi China, dan terutama, mata uang digital yang didukung oleh koalisi internasional bank sentral.

Salah satu yang dijadikan contoh adalah proyek Libra milik Facebook. Raksasa media sosial ini bercita-cita menjadikan Libra sebagai alat pembayaran yang dikaitkan dengan mata uang sejumlah negara sehingga pergerakan harganya lebih stabil.

Mark Carney mengatakan agar berhasil, Libra perlu mengatasi masalah regulasi yang telah ditentukan bank sentral.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading