31 Oktober, Telegram Terbitkan Cryptocurrency Gram?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
28 August 2019 18:46
31 Oktober, Telegram Terbitkan Cryptocurrency Gram?
Jakarta, CNBC Indonesia - Aplikasi berbagi pesan asal Rusia Telegram menargetkan peluncuran koin digital (cryptocurrency) bernama Gram 31 Oktober 2019. Informasi ini dilaporkan The New York Times dan dilansir dari Engadget, Rabu (28/8/2019).

Uang digital ini akan menggunakan konsep yang sama dengan Bitcoin dengan desentralisasi. Koin akan dimasukkan dalam dompet digital Gram, yang rencananya akan menawarkan kepada 200 juta penggunannya.

Dalam dokumen yang dilihat oleh New York Times, cryptocurrency Telegram diluncurkan pada 2018 dengan menargetkan dana sebesar US$1,7 miliar. Telegram menjanjikan uang digital ini akan diterbitkan paling lambat 31 Oktober atau dana investor dikembalikan.


Belum jelas bagaimana regulator akan merespons peluncuran uang digital Telegram ini.

Namun niat Facebook untuk menerbitkan uang digital Libra mendapat tentangan dari banyak regulator dunia. Padahal konsep yang diusung berbeda dengan Bitcoin. Libra dikelola oleh lembaga nirlaba Libra Assocation yang terdiri dari 28 institusi.

Libra dijegal karena dianggap memiliki dampak sistemik bila bermasalah. Pasalnya penggunanya Facebook sudah mencapai 2,7 miliar. Rencana awalnya, Libra akan diterbitkan pada Semester I-2020.

Simak video tentang Libra Facebook di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading