Daftar 10 Dompet Digital Terpopuler di RI, Siapa Jawaranya?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
15 August 2019 11:27
Daftar 10 Dompet Digital Terpopuler di RI, Siapa Jawaranya? Foto: Go-Pay (dok. Gojek)
Jakarta, CNBC Indonesia - Persaingan dompet digital (e-wallet) semakin sengit saja. Para pemain semakin agresif untuk mengakuisisi pelanggan. Namun Gopay masih berdiri teguh di puncak sebagai e-wallet paling populer di Indonesia.

Dalam riset iPrice Group dan App Annie yang dirilis 12 Agustus 2019, pada kuartal II-2019 Gopay dan OVO masih terus mendominasi. Kemudian diikuti oleh DANA yang berhasil menggeser LinkAja.


Riset tersebut menyatakan GoPay merupakan aplikasi e-wallet dengan pengguna aktif terbanyak di Indonesia. Menurut informasi Medium 30% transaksi uang elektronik di Indonesia berasal dari Gopay.


Pada Februari 2019, transaksi Gopay sudah menyentuh US$6,3 miliar dengan 70% transaksi didapat dari transaksi pembayaran Gojek.

Daftar 10 Dompet Digital Terpopuler di RI, Gojek Masih JuaraFoto: iprice group

"DANA sebagai pendatang baru aplikasi e-walller di Indonesia langsung menunjukkan kegigihannya untuk menjadi pioner aplikasi e-wallet di Indonesia. Berdasar data riset iPrice Group, DANA memiliki pengguna aktif bulanan yang relatif stabil sejak Q2 2018 hingga Q2 2019. Dana berhasil naik satu peringkat di kuartal 2 2019 menggantikan LinkAja di posisi ketiga," ujar riset iPrice dan App Annie, seperti dikutip CNBC Indonesia, Kamis (15/8/2019).

"Berbeda dengan jumlah download aplikasi, DANA turun satu peringkat ke posisi 3 digantikan oleh OVO pada Q2 2019. DANA merupakan layanan aplikasi e-wallet hasil kerjasama Emtek group dan Ant Financial juga merupakan aplikasi e-wallet resmi yang bisa digunakan untuk transaksi di e-commerce Bukalapak melalui BukaDompet."


Berdasarkan data dari Bank Indonesia, sudah ada 38 e-wallet yang mendapatkan lisensi resmi. Pada tahun 2018, transaksi e-wallet di Indonesia mencapai angka US$1,5 miliar dan diprediksikan akan meningkat menjadi US$ 25 miliar pada tahun 2023.

Asal tahu saja, iPrice Group dan App Annie membuat riset mengenai e-wallet paling populer di Indonesia sejak 2017. Riset ini menggunakan ukuran jumlah download aplikasi dan pengguna aktif bulanan sehingga menghadirkan statistik yang lebih konkret.


*) Artikel ini berdasarkan riset iPrice 'Inilah rangking 10 besar aplikasi e-wallet yang paling populer di Indonesia sejak 2017-2019'.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading