Anjlok, Go Mobile CIMB Diterjang DANA, Gojek dan OVO

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
15 August 2019 10:47
Anjlok, Go Mobile CIMB Diterjang DANA, Gojek dan OVO Foto: Go Mobile CIMB Niaga ( dok. CIMB Niaga)
Jakarta, CNBC Indonesia - Persaingan dompet digital (e-wallet) di tanah air semakin ketat saja. Buktinya pemain baru DANA mampu merangsek ke urutan teratas dalam daftar dompet digital paling populer, meski baru diluncurkan.

Berdasarkan hasil riset iPrice Group dan App Annie, DANA yang baru masuk pasar e-wallet pada kuartal IV-2018 langsung menempati posisi keempat dan kuartal II-2019, posisinya naik ke peringkat ketiga, menggusur LinkAja untuk berkompetisi dengan Gojek dan OVO.


Go Mobile by CIMB Niaga menjadi dompet digital yang mengalami penurunan peringkat. Bila pada kuartal IV-2017, dompet digital milik CIMB Niaga berada di posisi keempat maka pada kuartal II-2019 posisinya turun menjadi peringkat keenam di bawah Jenius milik Bank BTPN.


Dalam risetnya, iPrice Group menyatakan banyaknya pemain lokal di industri fintech Indonesia menjadikan aplikasi e-wallet lokal masih sebagai primadona untuk solusi cashless di Indonesia.

Anjlok, Go Mobile CIMB Diterjang DANA, Gojek dan OVOFoto: iprice group

"Berdasarkan data Q2 2019 yang didapatkan dari App Annie 5 besar aplikasi e-wallet dengan pengguna aktif bulanan terbanyak masih duduki oleh pemain lokal yakni Go-Pay, OVO, DANA, LinkAja dan Jenius," ujar iPrice dalam keterangan resmi, Kamis (15/8/2019).

Asal tahu saja, iPrice Group dan App Annie membuat riset mengenai e-wallet paling populer di Indonesia sejak 2017. Riset ini menggunakan ukuran jumlah download aplikasi dan pengguna aktif bulanan sehingga menghadirkan statistik yang lebih konkret.


Berdasarkan data Bank Indonesia, sudah ada 38 e-wallet yang mendapat lisensi resmi. Pada 2018, transaksi e-wallet sudah mencapai US$1,5 miliar dan 2023 jumlahnya akan meningkat menjadi US$25 miliar.

*) Artikel ini berdasarkan riset iPrice 'e-Wallet Terbaik di Indonesia'. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading