Bermodal Minim, 5 Milenial Ini Sukses Bangun Bisnis Startup

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
11 August 2019 08:00
Bermodal Minim, 5 Milenial Ini Sukses Bangun Bisnis Startup
Jakarta, CNBC Indonesia - Berbicara milenial tentu yang terpikirkan adalah mereka yang melakoni gaya hidup tinggi dan banyak menghabiskan banyak uang. Namun siapa sangka dari persepsi tersebut ternyata beberapa diantara mereka sukses membangun bisnis berbagai bidang.

Bahkan beberapa diantaranya sukses membangun startup yang kini begitu hits. Saat ini, bisnis mereka begitu berjalan dan semakin berkembang.

Mesty Ariotedjo


Bermodal Minim, 5 Milenial Ini Sukses Bangun Bisnis StartupFoto: Mesty Ariotedjo (Arina Yulistara/CNBC Indonesia)

Pemilik nama lengkap Dwi Lestari Pramesti Ariotedjo ini sukses mendirikan sebuah portal WeCare.id pada tahun 2015. Portal tersebut bertujuan untuk mengumpulkan dana untuk pasien.

Wanita berusia 28 tahun ini ingin memfasilitasi kesehatan yang dibentuk sebagai wujud kepedulian pasien-pasien di Indonesia yang tak bisa mendapatkan layanan pengobatan karena terbentur biaya.


Muhammad Alfatih Timur


Pria berusia 28 tahun ini sukses membangun situs donasi dan penggalangan dana Kitabisa.com. Dia mendirikan  KitaBisa.com pada tahun 2012  dengan tujuan sebagai start-up yang mampu menghubungkan orang yang memiliki ide-ide sosial.


Start-up ini juga memberikan dukungan dana melalui platform crowdfunding yang dijalankan secara online. Sejak mengembangkan Kitabisa.com, Alfatih Timur semakin dikenal sebagai penggerak perubahan sosial ekonomi masyarakat. 

Ide cemerlangnya ini membuatnya mendapatkan penghargaan sebagai salah satu kategori wirausaha sosial di bawah usia 30 tingkat Asia versi Majalah Forbes.

Reynold Wijaya

Bermodal Minim, 5 Milenial Ini Sukses Bangun Bisnis StartupFoto: Pendiri Modalku Iwan Kurniawan (kiri) dan Reynold Wijaya (kanan). (Forbes)

Reynold Wijaya adalah pemuda berusia 29 tahun yang merupakan pendiri Modalku.com yang layanan fintech khusus pinjaman modal UKM.

Pria yang juga lulusan Industrial and Operations Engineering dari University of Michigan ini memiliki misi ingin mempermudah usaha kecil dan menengah untuk mendapatkan pendanaan atau permodalan yang dibutuhkan.

Hingga saat ini, Modalku.com telah mampu menyalurkan pinjaman sekitar Rp 2,1 miliar kepada 10 peminjam. Sedangkan Funding Societies yang berbasis di Singapura sendiri sudah menyalurkan pinjaman sebanyak S$ 5 juta atau sekitar Rp 48,2 miliar dengan tingkat pembayaran 100% atau NPL 0%.

Muhammad Iman Usman

Pemuda asli kelahiran kota Padang ini memiliki jiwa sosial yang tinggi sejak ia masih berusia sangat kecil. Pria berusia 27 tahun adalah pendiri Ruangguru.com yakni layanan dan konten pendidikan berbasis teknologi.

Jiwa sosialnya terasah dengan melihat sekitar. Saat usia 10 tahun, Iman lantas meletakkan rak buku di teras rumahnya, agar setiap anak bisa membaca. Dia juga menerima sumbangan kawan-kawannya, untuk dibaca anak-anak lainnya. 

Sejak saat itu pula, Iman telah meraih sejumlah penghargaan bergengsi khususnya dalam aktivitasnya mempromosikan dan memperjuangkan hak-hak anak dan dialog antarbudaya.

Eugenie Patricia Agus

Bermodal Minim, 5 Milenial Ini Sukses Bangun Bisnis StartupFoto: Forbes

Bersama kakaknya Adrian Agus, Eugenie Patricia Agus mendirikan Puyo Silky Desserts dengan menggunakan resep pudding sang ayah. Penjualan perdana makanan Puyo ini dilakukan lewat media sosial Instagram.


Peluncuran produk puding dengan tekstur yang lembut ini dibarengi dengan semangat menyajikan rasa enak yang konsisten, berkualitas, dan harga yang terjangkau.

Kini, dua sosok peraih titel '30 Under 30' dari Forbes Asia ini telah membuka 40 cabang Puyo di Jabodetabek dan Karawang. 


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading