Saat WhatsApp Bisa Dipakai Multiplatform & Alat Pembayaran

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
01 August 2019 14:02
WhatsApp bakal menjelma menjadi aplikasi multiplatform. Perubahan besar-besaran tengah dilakukan WhatsApp.
Jakarta, CNBC Indonesia - Layanan perpesanan paling populer saat ini, WhatsApp bakal menjelma menjadi aplikasi multiplatform. Perubahan besar-besaran tengah dilakukan WhatsApp.

Kabar terakhir, WhatsApp dapat digunakan di banyak ponsel dan perangkat sekaligus tanpa perlu terhubung satu sama lain.

Media Independent menuliskan nantinya versi terbaru WhatsApp benar-benar menjadi layanan multi platform. Pengguna dapat beralih menggunakan WhatsApp di iPad, smartphone maupun komputer desktop dengan mulus.


Pada saat ini, sebuah akun WhatsApp hanya dapat dihubungkan dengan nomor ponsel tunggal sehingga terbatas dapat digunakan di satu perangkat. WhatsApp Web di komputer pun mensyaratkan harus terhubung dengan akun WhatsApp yang ada di smartphone.

Dilansir dari detikInet, WhatsApp bakal bekerja sama seperti aplikasi lain semacam Facebook, di mana user bisa login di banyak perangkat dan langsung menggunakannya.

Saat WhatsApp Bisa Dipakai Multiplatform dan Bayar SesuatuFoto: WhatsApp (Reuters)


Bocoran fitur baru ini berasal dari website WaBetaInfo yang biasanya akurat memberikan informasi kemampuan WhatsApp yang akan datang. Menurut mereka, fitur tersebut sedang dalam tahap pengembangan. Mereka juga sudah berani menyatakan fitur itu sudah pasti akan hadir.

"Ini bukan lagi rumor, sudah terkonfirmasi. Anda akan bisa memakai akun WhatsApp di banyak perangkat. Itu termasuk WhatsApp for Windows, ketika tersedia, sehingga Anda bisa menggunakan WhatsApp di PC jika ponsel tidak punya koneksi," tulis WaBetaInfo.

"Dengan sistem baru ini, WhatsApp juga meningkatkan enkripsi end to end, karena mungkin sesuatu perlu diubah, lantaran pesan harus dikirim ke banyak perangkat," tambah mereka.

Belum ada informasi kapan tepatnya pembaharuan tersebut diimplementasikan. Kemungkinan masih butuh waktu beberapa bulan lagi.

WhatsApp Pay

Nantinya juga, pengguna WhatsApp akan bisa mengirimkan uang langsung dari aplikasi berbagi pesan milik Facebook ini. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh manajemen WhatsApp.

Untuk tahap awal WhatsApp akan diluncurkan di India. WhatsApp Global Head Will Cathcart mengatakan WhatsApp akan meluncurkan layanan alat pembayaran ini kepada pengguna di seluruh India tahun ini.

WhatsApp melakukan uji coba WhatsApp Payment sejak tahun lalu pada satu juta pengguna. Ada 400 juta lebih pengguna WhatsApp di India. WhatsApp juga sedang mencoba untuk meluncurkannya di negara lain.

Will Cathcart mengatakan visi perusahaan adalah membuat pengiriman uang semudah mengirim pesan pada platform.

"Kami percaya jika kami melakukan ini dengan benar, hal itu akan mempercepat inklusi keuangan dan membawa nilai bagi orang-orang di ekonomi digital India yang berkembang pesat. Kami tidak sabar untuk memberikan layanan lebih ini pada pengguna kami di seluruh India akhir tahun ini," ujar Will Cathcart seperti dikutip CNBC Indonesia dari Business Today, Jumat (26/7/2019).


WhatsApp akhirnya memberanikan diri untuk meluncurkan layanan pembayaran ini setelah tahun lalu membangun data center di India, sesuai dengan kebijakan bank sentral India, Reserve Bank of India.

Belum diketahui dampak dari kehadiran WhatsApp Pay bagi fintech pembayaran dan perbankan. Namun, WhatsApp sudah memiliki ekosistem pengguna yang cukup besar.

Mengutip Statista, WhatsApp merupakan layan berbagi pesan yang paling populer di dunia. Hingga April 2019 diperkirakan jumlah pengguna aktifnya sudah menyentuh 1,6 miliar.



(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading