Akhirnya! Grab Bakal Buka Kantor Pusat di Jakarta

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
29 July 2019 12:30
Setelah sekitar setahun dibujuk oleh Pemerintah Indonesia, akhirnya Grab bersedia untuk membuka kantor pusat di Jakarta.
Jakarta, CNBC Indonesia- Setelah sekitar setahun dibujuk oleh Pemerintah Indonesia, akhirnya Grab bersedia untuk membuka kantor pusat di Jakarta.

Kesediaan tersebut disampaikan oleh Masayoshi Son, CEO Softbank yang merupakan pemegang saham Grab, seusai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin (29/7/2019). Dalam pertemuan tersebut hadir di antaranya pendiri Grab Anthony Tan, Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, Menko bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

"Kami akan membuat kantor pusat Grab ke dunia di Indonesia dan akan menjadi unicorn kelima (di Indonesia)," ujar Masayoshi. Kantor pusat Grab ini akan berlokasi di Jakarta.



Ridzki Kramadibrata menambahkan bahwa kesepakatan untuk kantor pusat Grab di Jakarta merupakan bagian dari komitmen investasi Softbank di Grab senilai US$ 2 miliar.

"Segera kita jalankan (buka kantor pusat di Jakarta), kita timelinenya akan dibicarakan dengan pak Luhut. Tadi sudah disetujui dengan pak Presiden juga dan tentunya pak Luhut. Ini ide pak Luhut bahwa membuka second headquarter dan menjadikan Grab sebagai unicorn di Indonesia," ujar Ridzki.

Sebelumnya Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meminta Grab memindahkan kantor pusatnya dari Singapura ke Jakarta. Alasannya, bisnis Grab terbesar berada di Indonesia, dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara.

Selain Rudiantara, Luhut pun pernah melobi Grab untuk tujuan yang sama. "Ya sekarang paling jelas itu Grab, itu dia ingin. Tapi kita bilang satu, 'eh lu pindahin lu punya headquarter (kantor pusat) Grab dari Singapura ke Jakarta," ujar Luhut di kantornya, Jakarta, Selasa (2/7/2019).



[Gambas:Video CNBC]



(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading