Instagram Uji Coba Hapus Like di Negara Ini, RI Kapan?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
18 July 2019 18:13
Instagram Uji Coba Hapus Like di Negara Ini, RI Kapan?
Jakarta, CNBC Indonesia - Instagram melakukan uji coba penghapusan jumlah like dipostingan foto.


Melalui akun twitter resminya, Instagram mengatakan penghapusan like ini karena Instagram ini fokus pada foto dan video yang dibagikan teman bukan pada berapa banyak like yang didapatkan postingan tersebut.


"Pengguna masih dapat tetap melihat jumlah like yang didapat dengan tap pada daftar akun yang menyukai postingan tersebut, tetapi teman Anda tidak akan bisa melihat jumlah like yang telah diterima," ujar Instagram, seperti dikutip Kamis (18/7/2019).


Beberapa negara tempat uji coba tersebut adalah Australia, Brazil, Kanada, Irlandia, Italia, Jepang dan Selandia Baru. Tidak ada Indonesia dalam daftar tersebut, artinya Indonesia belum diujicobakan kebijakan tersebut.

Instagram Uji Coba Hapus Like di Negara Ini, RI Termasuk?Foto: Uji coba penghapusan like Instagram (twitter @instagram)
Instagram Uji Coba Hapus Like di Negara Ini, RI Termasuk?Foto: Foto: Uji coba penghapusan like Instagram (twitter @instagram)

Direktur Kebijakan Faebook Australia dan Selandia Baru, Mia Garlick mengatakan tujuan penghapusan jumlah like untuk mengurangi tekanan dan penghakiman ketika postingannya tak mendapat like dalam jumlah besar.

"Kita ingin memastikan bahwa ini bukanlah sebuah kompetisi," katanya Mia Garlick seperti dikutip dari ABC.


Mia mengatakan menyembunyikan jumlah 'Like' dirancang untuk meningkatkan kesehatan jiwa para penggunanya, selain juga fitur tambahan anti intimidasi yang diumumkan Instagram pekan lalu.

Pengguna yang menggunakan akun bisnis, seperti sosok influencer dan produk, masih bisa mengakses halaman 'insight; untuk mengetahui berapa banyak 'Like' yang mereka terima.


Kebijakan ini bisa mempengaruhi para selegram. Penghilangan like bisa mengurangi popularitas pada selebrgram di media sosial.


(roy/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading