Arab Saudi Siap Danai Calon Unicorn Asal Indonesia

Tech - Muhammad Gufron, CNBC Indonesia
05 July 2019 12:47
Arab Saudi berkomitmen untuk menjadi investor bagi beberapa calon Unicorn asal Indonesia, lewat wadah NextICorn (Next Indonesian Unicorn).
Jakarta, CNBC Indonesia - Arab Saudi berkomitmen untuk menjadi investor bagi beberapa calon Unicorn asal Indonesia, lewat wadah NextICorn (Next Indonesian Unicorn). Komitmen ini ditegaskan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara usai penandatanganan MoU Kolaborasi Digital di Riyadh, 4 Juli 2019.

"Kita akan mengundang beberapa calon investor potensial Arab Saudi ke Indonesia dalam acara NextICorn Raoadshow. Mungkin sekitar September atau Oktober tahun ini. Kita akan pertemukan mereka dengan membawa sejumlah startup Indonesia yang paling berpotensi untuk mendapatkan investasi", kata Rudiantara


NextICorn adalah wadah untuk startup yang telah bertumbuh dan melewati tahap inkubasi. Ini merupakan sarana mempertemukan para startup nasional dengan investor 'seri B' dari berbagai belahan dunia. Program NextIcorn telah mempertemukan 108 bisnis rintisan digital Indonesia dengan 125 investor dari berbagai negara. Arab Saudi menjadi salah satunya.


Selain NextICorn, Kominfo memiliki program 1.000 Digital Startup yang akan diduplikasi di Arab Saudi. Program ini untuk memberdayakan potensi kreatif kaum muda di Arab Saudi yang saat ini memiliki angka pengangguran hingga 25%.


Kominfo menjadi mitra yang strategis karena telah menjalankan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital sejak 2016 hingga 2020. Sejak diluncurkan, program ini telah berhasil mendapatkan 40.000 pendaftar, yang disaring menjadi 8.000 startup terpilih. Program ini mencakup pembangunan kapasitas, pendampingan dan inkubasi untuk 200 startup digital berbagai kota di Indonesia per tahun. Sehingga akan mencapai 1.000 startup pada akhir program ini di 2020.

Inisiatif-inisiatif ini turut mendukung Indonesia menjadi negara dengan internet economy terbesar di Asia Tenggara dengan capaian USD$27 miliar dan pertumbuhan terpesat sebesar 49% per tahun.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading