Terungkap! Alasan di Balik Facebook & WhatsApp Down

Tech - Wangi Sinintya, CNBC Indonesia
04 July 2019 11:30
Terungkap! Alasan di Balik Facebook & WhatsApp Down
Jakarta, CNBC Indonesia - Facebook Inc mengatakan pada Rabu (3/7/2019) masalah Facebook, WhatsApp, Instagram dan Messenger yang sempat down kini sudah terselesaikan dan bisa berfungsi dengan normal.

Sebelumnya, banyak pengguna yang mengeluhkan tidak dapat mengirim dan mendownload gambar, video dan file lainnya yang dikirim melalui platform media sosial Facebook Group.


Facebook menyebut sulitnya diakses media sosial dan layan berbagai pesan perusahaan karena ada pemeliharaan rutin.


"Selama masa operasi pemeliharaan rutin ternyata memicu masalah yang menyulitkan beberapa pengguna untuk mengunggah atau mengirim foto dan video," kata Facebook seperti dilansir dari CNBC International, Kamis (4/7/2019).

Terungkap! Alasan di Balik Facebook & WhatsApp DownFoto: REUTERS/Eric Gaillard

Facebook, yang mendapat puluhan juta dolar dari pendapatan iklan setiap harinya, menolak berkomentar ketika ditanya apakah akan memberikan ganti rugi pada para pebisnis yang rugi karena dampak ini.

Pada Maret lalu, Facebook menyatakan akan mempertimbangkan ganti rugi kepada pengiklan karena kehilangan eksposur selama media sosial dan layanan berbagi pesannya bermasalah.


"Gangguan tampaknya terkait dengan infrastruktur internal atau masalah aplikasi," kata ThousandEyes, sebuah perusahaan yang memonitor lalu lintas internet secara global.

Pemadaman sebagian membuat frustrasi para pengguna jaringan sosial terbesar di dunia ini, banyak pengguna yang berkeluh kesah di twitter. 14.000 lebih pengguna berkeluh kesah soal Instagram down, 7.500 pengguna mengeluh soal Facebook down dan 1.600 pengguna mengeluh soal WhatsApp down, menurut situs downdetector.com, situs pelacak situs down.

Masalah Facebook cs down terutama dihadapi pengguna di beberapa bagian Eropa dan AS.

Simak video tentang Facebook di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading