Spotify Tak Lagi Izinkan Artis Upload Musik Sendiri, Kenapa?

Tech - Wangi Sinintya, CNBC Indonesia
02 July 2019 14:11
Spotify Tak Lagi Izinkan Artis Upload Musik Sendiri, Kenapa?
Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah percobaan singkat, Spotify memutuskan tidak lagi membiarkan artis mengunggah musik mereka langsung ke platformnya.

Pada Senin (1/7/2019), Spotify mengumumkan akan mengakhiri program beta yang memungkinkan artis untuk mengunggah karya mereka langsung ke platform streaming. Program ini akan berhenti menerima unggahan baru pada akhir Juli.


Musik di Spotify biasanya dikirimkan oleh label rekaman atau distributor pihak ketiga seperti DistroKid, CD Baby dan EmuBands.


Untuk artis yang masuk ke label, persoalan memasukkan musik ke Spotify akan diurus, tetapi artis independen harus mendistribusikan sendiri musik mereka. Spotify memiliki lebih dari 50 juta lagu yang tersedia.

Spotify Tak Lagi Izinkan Artis Upload Musik Sendiri, Kenapa?Foto: REUTERS/Dado Ruvic

Dalam siaran persnya, Spotify mengatakan umpan balik dari para artis yang termasuk dalam program ini menunjukkan cara terbaik untuk meningkatkan pengalaman mereka dengan mendukung pekerjaan yang sudah dilakukan mitra distribusi Spotify. Meskipun dikatakan mengakhiri program karena umpan balik, program ini awalnya diluncurkan atas permintaan artis.

"Anda telah memberi tahu kami berkali-kali bahwa berbagi pekerjaan seharusnya lebih mudah," kata Spotify dalam rilis yang mengumumkan proyek tersebut pada September. Dilansir dari cnn.com, Selasa (02/07/2019).


Bagi artis yang diberi akses ke Spotify, dapat mengunggah secara gratis. Program beta pada awalnya terbuka untuk memilih artis hanya dengan undangan tetapi telah diperluas untuk memasukkan lebih banyak lagi sejak September.

Harga dari distributor pihak ketiga bervariasi. Sebagai contoh, CD Baby mengenakan biaya US $ 9,95 per single dan US $ 49 per album, sementara DistroKid berbiaya US $ 19,99 untuk mengunggah album dan lagu tanpa batas selama setahun.


Langkah untuk mengakhiri program beta datang tidak lama setelah Spotify merombak aplikasinya untuk pelanggan premium pada Juni. Perubahan tersebut mencakup sesuatu yang lebih sederhana dan penempatan podcast yang lebih menonjol. Spotify berencana untuk berinvestasi antara US $ 400 juta (Rp 5,6 triliun) dan US $ 500 juta di "pasar podcast yang baru muncul".

Spotify baru-baru ini mengungkapkan bahwa ia memiliki lebih dari 217 juta pengguna global bulanan dan lebih dari 100 juta pelanggan berbayar.

Simak video tentang Spotify di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading