Lapar? Drone Siap Antarkan Nasi Lemak di Malaysia

Tech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
18 June 2019 12:28
Pengiriman menggunakan drone hanya akan menelan waktu 12 menit.
Jakarta, CNBC Indonesia - Mulai akhir bulan ini warga Malaysia akan mendapat pelayanan yang lebih efisien dalam hal pesan-antar makanan. Ini karena pengirimannya bukan lagi dilakukan via darat oleh kurir biasa, melainkan oleh drone atau pesawat tanpa awak.

Hamdee Hamdan, kepala eksekutif Average Drone Sdn Bhd, sebuah perusahaan lokal yang terlibat dalam industri drone sejak 2014, mengatakan pengiriman menggunakan drone hanya akan menelan waktu 12 menit.


Mengutip The Star, untuk memungkinkan bisnis ini berjalan, Average Drone akan bekerja sama dengan Futurise, perusahaan yang dikelola oleh Cyberview yang merupakan anak perusahaan di bawah naungan Kementerian Keuangan Malaysia.


Saat ini hingga tiga bulan ke depan sedang dilakukan uji coba layanan pengiriman makanan menggunakan drone, tambah Hamdee.

Selama maca percobaan ini hanya ada tujuh jenis makanan yang akan ditawarkan, yaitu mie, nasi, burger, sandwich, kue-kue, dan buah-buahan.

Lapar? Drone Siap Antarkan Nasi Lemak di MalaysiaFoto: Uber Eats Menggunakan Drone (Screenshot Courtesy Youtube Uber/)

"Ini hanya uji coba dan setelah tiga bulan kami akan melihat bagaimana kelanjutannya dan menambah lebih banyak hidangan ke dalam menu," kata Hamdee ketika ditemui oleh Bernama di MyDroneX expo, Senin (17/6/2019).

Hamdee mengatakan perusahaan juga telah mengembangkan aplikasi mobile yang masih dalam rancangan akhir, untuk memungkinkan pelanggan memesan makanan mereka.

Durasi dari waktu pesanan dibuat sampai waktu makanan mencapai tujuannya harus tidak lebih dari 12 menit, katanya. Sementara itu, untuk pengiriman akan menelan biaya RM 2,50 (Rp 8.600) per perjalanan.


"Ini bukan soal biaya, tapi juga kerangka waktu karena banyak yang menginginkan pengiriman cepat. Kami telah mengembangkan drone sehingga bisa diterbangkan dalam kondisi hujan, tetapi tidak dalam situasi ketika hujan deras," katanya.

Hamdee mengatakan, drone dengan enam baling-baling yang dinamai 'Express Food' dan diproduksi oleh perusahaan itu mampu menampung berat hingga 800 gram.

"Jika responsnya baik dan proyek percobaan berhasil, rencana kami adalah memodifikasi setiap drone sehingga dapat mengangkut berat hingga tiga kilogram," katanya.

Saksikan video terobosan penggunaan drone berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading