Bosan Hadapi Macet Arus Balik Lebaran? Coba Aplikasi Ini

Tech - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
05 June 2019 17:50
Macet selama mudik dan arus balik Lebaran membuat banyak pemudik bosan dijalan. Aplikasi-aplikasi ini bisa jadi obat pelipur lara untuk meredakan kekesalan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Perjalanan mudik Lebaran bisa memakan waktu berjam-jam. Begitu juga perjalanan pulang dari kampung halaman. Lebih menyebalkan lagi bila terjebak macet dan kota tujuan masih jauh dari pandangan.

Untuk menemani perjalanan mudikmu, CNBC Indonesia merangkum 5 aplikasi musik terbaik untuk mudik.

1. Spotify


Foto: REUTERS/Dado Ruvic

Sebagai aplikasi streaming musik nomor satu di Indonesia, Spotify menawarkan koleksi 30 juta lagu. Untuk bebas memilih lagu yang diputar, pengguna harus berlangganan (subscription) lebih dulu. Pengguna tetap bisa memutar lagu tanpa berlangganan, namun harus rela disela iklan.

Harga berlangganan mulai dari Rp 49.990 per bulan, Rp 149.970 per tiga bulan, Rp 299.940 per enam bulan dan Rp 599.990 untuk satu tahun. Spotify juga menawarkan paket keluarga untuk berlangganan secara berkelompok maksimal 6 orang sehingga lebih hemat.


Uniknya, Spotify juga menyediakan lagu-lagu sesuai dengan mood pengguna. Di kategori mood, Anda bisa memilih sub-kategori Mager Parah, Lebih Produktif, Songs to Sing in The Shower, Good Vibes hingga Patah Hati.

Tak hanya itu, dengan kualitas audio hingga 320 kbps Anda bisa menyimpan lagu favorit Anda. Berdasarkan lagu favorit itu, Spotify akan memilih lagu-lagu serupa menggunakan algoritma yang dirilis tiap minggu.

2. JOOX

Bosan Hadapi Macet Arus Balik Lebaran? Coba Aplikasi IniFoto: JOOX (ist)

Joox juga merupakan aplikasi streaming musik favorit di Indonesia. Bedanya, Joox saat ini memiliki lebih dari 5 juta lagu. Harga untuk berlangganannya lebih murah lagi, yakni Rp 25.000 per minggu atau Rp 49.000 untuk sebulan.


Tidak jauh beda dengan Spotify, Joox juga memiliki katalog musik dari beragam genre, mood dan juga ada Editor's Pick yang dikurasi oleh pelaku industri musik. Daftar lagunya secara rutin diubah bertema harian mulai dari Throwback Thursday atau I Love Monday.

Adapun Joox menyediakan fitur lirik pada layar mobile saat lagu diputar. Sehingga Anda bisa mendengarkan lagu sambil bernyanyi.

3. Deezer

Bosan Hadapi Macet Arus Balik Lebaran? Coba Aplikasi IniFoto: Karyawan bekerja di kantor pusat layanan streaming musik Deezer di Paris, Perancis (REUTERS / Charles Platiau)

Serupa dengan Joox, aplikasi Deezer menyediakan fitur lirik di mobile. Bedanya, aplikasi Deezer memiliki fitur Songcatcher yang bisa mendeteksi lagu yang belum Anda kenal. Dengan fitur ini, Anda bisa mengetahui identitas lagu tersebut.


Untuk berlangganan, aplikasi Deezer menawarkan harga Rp 49.900 per bulan dan Rp 25 ribu untuk pengguna provider Tri. Pelanggan berbayar mendapat kualitas audio lebih bagus, yakni 320 kbps berbeda dengan kualitas audio layanan gratis sebesar 128 kbps.

Uniknya, aplikasi Deezer juga menyiarkan secara audio pertandingan sepak bola Tanah Air dengan bekerja sama dengan Radio Republik Indonesia (RRI). Fitur ini tentu akan membuat perjalanan mudikmu makin menyenangkan.

4. Musixmatch

Bosan Hadapi Macet Arus Balik Lebaran? Coba Aplikasi IniFoto: Musixmatch (ist)

Dengan aplikasi ini dijamin Anda tidak akan bernyanyi dengan lirik yang salah. Sebab, aplikasi ini akan menampilkan per kalimat mengikuti lantunan lirik lagu yang sedang Anda dengarkan.


Aplikasi ini sudah tersedia dalam puluhan bahasa di seluruh dunia. Termasuk Indonesia, dengan begitu lagu dalam bahasa Indonesia sudah tersedia liriknya di aplikasi ini.

5. SoundCloud

Bosan Hadapi Macet Arus Balik Lebaran? Coba Aplikasi IniFoto: CEO SoundCloud Alexander Ljung (REUTERS/Philippe Wojazer)

Sound Cloud sebenarnya bukan pemain baru dalam dunia aplikasi streaming musik. Aplikasi streaming berwarna oranye ini bisa digunakan untuk mendengarkan lagu dari penyanyi-penyanyi kesukaan Anda. Anda tinggal mengetik nama penyanyi yang Anda suka di bagian search.

Biasanya, pemusik yang Anda sukai sudah memiliki akun SoundCloud berikut karyanya. Musisi tersebut sering mengunggah karya-karyanya. Di sanalah Anda bisa mendengar karya mereka.

Selain itu, Anda juga bisa mengunggah hasil karya musik Anda sendiri. Sehingga bisa saja karya Anda didengar oleh musisi yang Anda suka tadi.

Itu dia lima aplikasi streaming musik yang bisa menemani perjalanan mudik dan balik ke kota tujuan Anda di Lebaran tahun ini. Tentunya untuk menggunakan aplikasi itu semua Anda harus memiliki paket data dan juga mendownload aplikasi tersedia di PlayStore atau Apple Store. Selamat berlibur!


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading