PING!!! Say Goodbye, Hari Ini BBM Messenger 'Dibunuh'

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
31 May 2019 17:14
PING!!! Say Goodbye, Hari Ini BBM Messenger 'Dibunuh'
Jakarta, CNBC Indonesia - Mulai hari ini (31/5/2019), layanan berbagi pesan BlackBerry Messenger (BBM) tidak bisa lagi digunakan di seluruh dunia. Pasal, BBM Messenger akan dimatikan hari ini.

Dalam situs perusahaan disebutkan sejak 2016 layanan berbagi pesan ini telah mencoba yang terbaik untuk bersaing di pasar dengan meluncurkan banyak fitur dan konten baru yang diharapkan akan menumbuhkan basis pengguna BBM.


"Terlepas dari semua upaya kami, kami menemukan bahwa efek jaringan dari para pemimpin pasar semakin kuat dan kami telah keluar dari preferensi pengguna," ujar CWM dalam situs BBM.


Layanan BBM Messenger tak akan bisa lagi digunakan oleh perangkat Android dan iOS. Sementara pengguna layanan BBM yang beroperasi pada perangkat BB10 dan BBOS masih berjalan seperti biasa karena layanan ini dioperasikan BlackBerry Limited. CWM hanya memegang lisensi BBM Costumer untuk perangkat Android dan iOS.

PING!!! Hari BBM Messenger DibunuhFoto: infografis/ infografis 5 Layanan Populer yang Ditutup/ Aristya Rahadian Krisabella

"Sebagai alternatif, BlackBerry Limited telah meluncurkan BBM Enterprise (BBMe) yang dapat digunakan pada perangkat Android dan iOS. BBMe kompatibel dengan BBM pada perangkat BB10 dan BBOS," ujar CWM.

Pada 2016, Creative Media Works Pte. Ltd (CMW Pte Ltd) menandatangani perjanjian lisensi BBM konsumen dengan Blackberry Limited untuk mengoperasikan layanan pesan BBM Consumer Cross Platform. 99% saham CMW Pte Ltd dimiliki Media PT kreatif Media Karya (KMK). Adapun sama KMK dikuasai PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK).


Asal tahu saja, Pada 2016, Creative Media Works Pte. Ltd (CMW Pte Ltd) menandatangani perjanjian lisensi BBM konsumen dengan Blackberry Limited untuk mengoperasikan layanan pesan BBM Consumer Cross Platform. Sebanyak 99% saham CMW Pte Ltd dimiliki Media PT Kreatif Media Karya (KMK).

Sayang platform perpesanan ini yang sempat populer di era tahun 2000-an ini tidak berkembang dengan baik. Terjadi penurunan pengguna aktif yang signifikan sejak Juni 2016. 


CWM Pte Ltd pun memutuskan menutup kantor di Kanada, Dubai dan Singapura pada akhir 2018. Operasional yang tetap akan ada hanya di Indonesia.

Simak video aplikasi populer yang akhirnya dimatikan di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]

(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading