Termasuk Picasa, Ini Deretan Aplikasi yang Dibunuh Google

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
28 May 2019 17:04
Termasuk Picasa, Ini Deretan Aplikasi yang Dibunuh Google
Jakarta, CNBC Indonesia - YouTube mengumumkan akan menutup aplikasi YouTube Gaming pada 30 Mei 2019. Aplikasi ini ditutup padahal baru berusia 2 tahun 9 bulan. Youtube akan mengintegrasikan YouTube Gaming ke dalam aplikasi utamanya dengan meluncurkan hub.

Di halaman bantuan, YouTube telah mengarahkan pengguna YouTube Gaming ke hub baru, meskipun pengguna tampaknya akan kehilangan daftar game yang telah mereka simpan.



"Kami meluncurkan YouTube Gaming sebagai aplikasi mandiri untuk para gamer di mana kami menguji fitur-fitur baru berdasarkan umpan balik dari komunitas game," menurut penjelasan YouTube di situs halaman bantuan, dilansir dari The Verge, Selasa (28/5/2019). 


YouTube Gaming diluncurkan pada akhir Agustus 2015. Aplikasi ini diposisikan sebagai layanan untuk meningkatkan pengalaman streaming langsung dan memisahkan konten tidak relevan dengan tayangan game.



Aplikasi ini diluncurkan setelah Amazon mengakuisisi Twitch US$1 miliar pada 2014. Google mengklaim aplikasi ini telah memiliki 200 juta penguna.

YouTube Gaming merupakan salah satu aplikasi yang dibunuh oleh Google. YouTube adalah patform yang dimiliki Google. Berikut daftar aplilkasi dan platform yang dibunuh oleh Google:

Foto: Google (REUTERS/Dado Ruvic)

Google+
Google+ ditutup pada awal April lalu setelah muncul kasus kebocoran data pengguna. Google+ merupakan aplikasi jejaring sosial populer Google untuk perangkat Android. Google+ hanya berumur 8 tahun sebelum dibunuh.

Google Allo

Google Allo dibunuh tiga bulan lalu. Google Allo adalah aplikasi pesan singkat untuk Android, iOS dan web dengan fitur khusus seperti virtual assistant dan mode terenkripsi. Google Allo dibunuh meski usianya baru 2 tahun.



Quickoffice
Quickoffice adalah aplikasi untuk produktivitas di mana pengguna bisa mengedit dokumen, presentasi dan spreadsheets. Aplikasi ini dibunuh lima tahun lalu padahal usia aplikasi ini baru 9 bulan.

YouTube Video Editor
YouTube Video Editor merupakan aplikasi berbasis web untuk edit, menggabungkan dan menambah efek khusus ke konten video. Aplikasi ini dimatikan satu tahun lalu dan berusia 7 tahun.



Picasa
Ditutup lebih dari 3 tahun yang lalu, Picasa adalah pengatur gambar dan penampil gambar untuk foto digital. Sebelum dimatikan aplikasi ini sudah beroperasi selam 13 tahun.

Urchin
Urchin adalah program analisis statistik web yang dikembangkan oleh Urchin Software Corporation. Ini menganalisis konten file log server web dan menampilkan informasi lalu lintas di situs web berdasarkan data log. Aplikasi ini ditutup setelah 7 tahun beroperasi.



Fflick
Fflick adalah situs ulasan, informasi, dan berita yang menggunakan informasi dari Tweet yang digabung untuk review film. Situs ini ditutup meski umurnya baru 6 bulan.



Project Ara
Project Ara dimatikan dua tahun lalu. Project Ara adalah proyek smartphone modular (bongkar pasang) yang sedang dikembangkan oleh Google. Project ini hanya berusia 3 tahun.

Google TV
Google TV adalah platform TV pintar yang mengintegrasikan Android dan Chrome untuk membuat televisi interaktif. Platform ini dimatikan setelah 3 tahun beroperasi.


Simak video tentang peluncuran Google Stadia di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading