Bajay Hingga Tuktuk,Ini Transportasi Unik di Aplikasi Grab

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
24 May 2019 11:24
Bajay Hingga Tuktuk,Ini Transportasi Unik di Aplikasi Grab
Jakarta, CNBC Indonesia- Sebagai perusahaan aplikasi layanan transportasi online, Grab tak hanya menyediakan layanan taksi dan ojek online. Di beberapa negara, Grab bahkan memberikan layanan unik, berbasis kearifan lokal menggandeng masyarakat sekitar.

Setidaknya ada empat layanan unik di sejumlah negara yang sudah bisa dinikmati oleh Pengguna Grab. Di Indonesia ada GrabBajay, Myanmar dengan GrabThoneBane, Kamboja dengan GrabTukTuk dan GrabRemorque.

GrabBajay resmi diluncurkan di Jakarta, pada Kamis (23/5/2019). Layanan ini menggandeng Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan sudah bisa digunakan di lima titik di Jakarta. Bajay, digunakan sebagai sarana transportasi yang pemesannya bisa dilakukan menggunakan aplikasi Grab.



Bajay adalah kendaraan umum yang sudah ada di Jakarta sejak 1970-an. Kendaraan roda tiga ini biasanya mengantar jarak dekat dan bisa menampung hingga 3 orang penumpang.

Dulu, Bajay identik dengan warna oranye terang. Namun, seiring dengan semangat pemerintah yang menggalakkan transportasi ramah lingkungan, Bajay di Jakarta diganti berwarna biru dimana bahan bakar gas yang digunakan.

Sementara itu, mengintip di Myanmar ada GrabThoneBane yang resmi diluncurkan pada Agustus tahun lalu. Kendaraan serupa dengan Bajay ini beroperasi di Mandalay, salah satu kota di Myanmar. Sebelum benar-benar diluncurkan, GrabThoneBane sudah melakukan uji coba pada Mei hingga Juni pada tahun yang sama.

Hasilnya, sejak saat itu, jumlah pengemudi GrabThoneBane terus bertambah setiap harinya. Jumlah itu seiring pula dengan jumlah penggunanya yang tercatat juga terus mengalami kenaikan.

Acting Country Manager of Grab Myanmar, Said Alvin Loh mengatakan rasa terima kasihnya kepada penumpang dan mitra pengemudi layanan GrabThoneBane. Dimana selama masa uji coba beta, mereka telah membantu dengan menyesuaikan layanan untuk melayani masyarakat Mandalay dengan lebih baik.

"Meningkatnya jumlah perjalanan GrabThoneBane setiap minggu mencerminkan selera yang meningkat dari para penumpang di Mandalay untuk menggunakan layanan berkendara kami untuk transportasi yang aman dan nyaman," katanya.


Dua layanan transportasi unik lainnya yang juga diusung oleh Grab adalah GrabTukTuk dan GrabRemorque. Serupa pula dengan Bajay, TukTuk salah satu alat transportasi yang khas di negara Thailand. Bentuknya mirip dengan bajaj yang ada di Jakarta, mempunyai 3 roda dengan jendela terbuka lebar dan supir duduk di depan. GrabTukTuk resmi diluncurkan pada Maret 2018.

Terakhir yang juga unik dan patut dicoba adalah GrabRemorque. Transportasi ini merupakan sejenis delman yang ditarik dengan motor. Kamboja merupakan negara yang patut dilirik karena banyak juga tujuan wisata di sana. Grab Remorque bisa menjadi pilihan wisatawan saat city tour.

Jadi, siap mencoba empat transportasi unik dari Grab ini?

Saksikan Video Bintang Startup 2019

[Gambas:Video CNBC]
(dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading