Catat! LinkAja akan Diluncurkan 23 Juni 2019

Tech - Monica Wareza, CNBC Indonesia
16 May 2019 19:11
Catat! LinkAja akan Diluncurkan 23 Juni 2019
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah akan meluncurkan layanan pembayaran digital miliknya LinkAja pada 23 Juni mendatang. Saat ini proses persiapannya masih dalam tahap perjanjian legal dan persiapan launching-nya sendiri.

Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan sebagai salah satu pemegang saham di PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) ini optimis dengan pengembangan platform pembayaran milik perusahaan-perusahaan BUMN tersebut.



"Kita ada core tim selesaikan baik perjanjian legal dan persiapan launching nanti Juni saat ini tentative sekitar 23 Juni," kata Hery di Menara Mandiri, Kamis (16/6).


Dia menjelaskan, LinkAja ini nantinya akan dikembangkan tak hanya untuk sistem pembayaran biasa namun akan bisa digunakan untuk tol, SPBU dan jenis transportasi massa lainnya seperti MRT dan Trans Jakarta.


"Nanti akan melebar ke syariah tapi masih embrio. Wacana ini udah diinisiatif akan lebih kuat karena massanya akan melebar karena masing-masing bank Himbara punya unit syariah," jelas dia.


Selain perbankan, Hery juga menyebutkan nantinya PT Jasa Marga Tbk (JSMR) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga akan bergabung menjadi pemegang saham di LinkAja. Kondisi ini memungkinkan Mandiri untuk mengurangi porsi kepemilikannya di perusahaan tersebut.

"Kalau nanti memang rasanya akan nambah partner. Jadi prinsipnya gini, kalau payment itu use case ya. Kalau Jasa Marga diajak, use case jalan tol kan besar banget. KAI juga gitu kan, mereka punya tiket. Potensinya besar. Jadi gak ada salahnya jadi mereka ikut sesuai direction pemegang saham ikut. Kalau pemegang saham ya kita akan kurangin ownership kita. Kalau enggak ya, susah dari mana mau diambil," terang dia.



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading