Traffic Ramadan-Lebaran Padat, Telkomsel Jamin tak ada Lemot

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
30 April 2019 19:04
Alasannya, Telkomsel sudah meningkatkan kualitas dan kapasitas layanan.
Bali, CNBC Indonesia - PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) memastikan kondisi layanan dan jaringan tak akan lemot sepanjang Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) tahun ini. Alasannya, Telkomsel sudah meningkatkan kualitas dan kapasitas layanan.

Untuk RAFI tahun ini, Telkomsel telah meningkatkan seluruh elemen jaringan di titik-titik strategis jalur mudik dan pusat keramaian publik. Telkomsel juga telah membangun 10.000 BTS multi-brand Long Term Evolution (LTE).

"Kualitas jaringan merupakan prioritas utama kami dalam mengantisipasi tingginya pengunaan layanan komunikasi pada periode RAFI. Dengan mrngimplementasikan 10.000 BTS 4G di seluruh pita frekuensi, kami jamin pelanggan dapat nikmati pengalaman menggunakan layanan broadband secara optimal dan prima," ujar Direktur Utama Telkomsel Ririek Andriansyah dalam konferensi pers di Hotel Trans Resort Bali, Selasa (30/4/2019).




Di samping membangun puluhan ribu BTS pita frekuensi, Telkomsel juga menambahkan kapasitas jaringan di 10.000 BTS, mengoptimalkan 70 mobile BTS, menambah kapasitas gateway internet 15% dari kapasitas eksisting menjadi 4.700 Gbps, menambah kapasitas IT untuk layanan dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa.

Pada RAFI tahun ini, Telkomsel memprediksi terjadi lonjakan trafik layanan data 21% dibandingkan hari normal. Bahkan trafik RAFI tahun ini diperkirakan akan naik 65% dari RAFI tahun sebelumnya. Adapun layanan suara diperkirakan turun sekitar 10% dibanding hari normal. Begitu pula layanan SMS turun sekitar 2% dibandingkan hari normal.



Optimalisasi jaringan
Telkomsel juga menjamin kekuatan sinyal Telkomsel di jalan tol dan jalan utama akan prima. Kekuatan sinyal di tol Trans Sumatera sudah mencapai 90,34%. Sedangkan pada jalan utama dan tol Trans Jawa kekuatan sinyal Telkomsel sudah mencapai 98,93%.

Pada jalur kereta api Trans Jawa kekuatan sinyal Telkomsel sudah mencapai 97,01% dengan success call mencapai 98,93% untuk coverage jalur utama tol Trans Sumatra, tol Trans Jawa dan kereta api Trans Jawa sudah dikover sinyal Telkomsel secara berkelanjutan 100%.

Simak video terkait konsolidasi telekomunikasi di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading