Masuk Mobil Listrik, Ford Suntik Rp 7 T ke Rival Tesla

Tech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
25 April 2019 10:10
Ford Motor Co menyatakan telah berinvestasi sebesar US$500 juta atau setara Rp 7 triliun di Rivian, startup mobil listrik untuk pickup dan mobil sport.
Jakarta, CNBC IndonesiaFord Motor Co menyatakan telah berinvestasi sebesar US$500 juta atau setara Rp 7 triliun di Rivian, startup mobil listrik untuk pickup dan mobil sport.

Kerja sama ini akan memungkinkan Ford mengembangkan kendaraan listrik bermerek sendiri menggunakan "platform skateboard fleksibel," menurut pernyataan dari kedua perusahaan.

"Ketika kami melanjutkan transformasi Ford dengan bentuk-bentuk baru kendaraan cerdas dan tenaga pendorong, kemitraan dengan Rivian ini membawa pendekatan baru bagi keduanya," kata Jim Hackett, presiden dan kepala eksekutif Ford, seperti dikutip dari AFP, Kamis (25/4/2019).


"Pada saat yang sama, kami percaya Rivian dapat mengambil manfaat dari keahlian dan sumber daya industri Ford."

Masuk Mobil Listrik, Ford Suntik Rp 7 T ke Rival TeslaFord (Foto: REUTERS/Denis Balibouse)

Rivian sebelumnya telah mendapatkan suntikan dana US$700 juta yang dipimpin oleh Amazon awal tahun ini. Startup ini adalah salah satu dari beberapa startup yang mengikuti model listrik kendaraan Tesla.

Tahun lalu, Rivian meluncurkan truk pickup listrik dan kendaraan sport listrik di pameran mobil di Los Angeles. Kendaraan itu akan diproduksi di pabriknya di Illinois, dengan pengiriman ke pelanggan yang diperkirakan akan dimulai akhir 2020.

Rivian akan tetap independen di bawah kemitraannya dengan Ford, yang akan memegang saham minoritas, kata perusahaan.

"Kemitraan strategis ini menandai tonggak penting lain dalam upaya kami untuk mempercepat transisi menuju mobilitas berkelanjutan," kata pendiri dan CEO Rivian RJ Scaringe.

"Ford memiliki komitmen jangka panjang untuk keberlanjutan, dengan (ketua eksekutif Ford) Bill Ford menjadi salah satu pendukung awal industri, dan kami sangat senang menggunakan teknologi kami untuk mendapatkan lebih banyak kendaraan listrik di jalan."

Berita itu datang ketika Tesla meningkatkan produksi mobil listriknya, setelah meluncurkan rencana untuk meluncurkan "robotaxis" listrik self-driving pada tahun 2020. Beberapa startup lain di AS dan di tempat lain berencana untuk meluncurkan semua kendaraan listrik dalam beberapa tahun ke depan.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading