Pemilu 2019

Prabowo, Sandiaga, dan Persentase Kemenangan 62%

Tech - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
20 April 2019 09:39
Prabowo, Sandiaga, dan Persentase Kemenangan 62%
Jakarta, CNBC Indonesia - Selain calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi), capres nomor urut 02 Prabowo Subianto juga mengklaim meraih suara terbanyak dalam pemilihan presiden 2019.

Klaim Prabowo disampaikan dua kali pada Rabu (17/4/2019) siang dan malam, serta Kamis (18/4/2019) petang. Lokasi pengumuman tepat berada di depan rumahnya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Pewarta sempat bertanya-tanya lantaran dalam dua pengumuman sebelumnya, tak tampak pasangan Prabowo, yaitu Sandiaga Uno. Namun, Sandi, meski dalam kondisi yang belum sepenuhnya fit, akhirnya tampil mendampingi saat Prabowo saat pengumuman ketiga Prabowo.




"Pada hari ini saya Prabowo Subianto menyatakan bahwa saya dan saudara Sandiaga Uno mendeklarasikan kemenangan sebagai presiden dan wakil presiden 2019-2024," ujar Prabowo disambut gemuruh teriakan simpatisan yang hadir.

"Kemenangan ini berdasarkan perhitungan real count yang telah kami rekapitulasi, kami mendapat lebih dari 62%. Kemenangan ini kami deklarasikan secara lebih cepat karena kami punya bukti-bukti, usaha-usaha dengan berbagai ragam kecurangan di berbagai kabupaten/kota seluruh Indonesia," lanjutnya.

Dalam deklarasi itu, hadir pula sejumlah tokoh pendukung pasangan Prabowo-Sandi seperti Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Djoko Santoso, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amein Rais, dan koordinator juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Dahnil A. Simanjuntak. 

Prabowo, Sandiaga, dan Persentase Kemenangan 62% Foto: Prabowo Subianto menyapa pendukungnya di Kertanegara (Reuters/Willy Kurniawan)


Kepada para pendukung, Prabowo mengajak mereka bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sebab, tanpa rahmat-Nya, perjuangan ini tak akan berhasil. Tak lupa peran serta berupa dukungan masyarakat.

"Kami mohon janganlah kemenangan yang kita peroleh menjadikan kita jemawa dan sikap lain yang berlebihan. Inilah saatnya kembali pererat persaudaraan," kata Prabowo.

"Seperti yang dikatakan pak Joko Widodo, seperti rantai yang putus harus disambung kembali. Kami, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, akan tetap bersaudara dengan pak Jokowi dan pak KH Ma'ruf Amin," lanjutnya.

Lebih lanjut, Prabowo mengajak semua pihak bahu membahu membangun bangsa. Tak perlu memandang perbedaan latar belakang. Pancasila harus dijadikan ideologi dan pandangan hidup.

"Insyaallah kita akan bangun, anak-anak bangsa yang paling cerdas dan cemerlang serta berakhlak mulia, agar Indonesia menjadi negara yang berdaulat penuh, sejahtera adil dan makmur, dihormati dan disegani dalam pergaulan internasional," ujar Prabowo.



Pada Jumat (19/4/2019), Prabowo mengumpulkan sekretaris jenderal partai pendukung Koalisi Indonesia Adil dan Makmur di kediamannya. Salah satunya adalah Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso.

"Pesan Pak Prabowo agar kita lima partai koalisi yakni Partai Berkarya, PKS, PAN, Partai Demokrat dan Partai Gerindra untuk tetap solid menjaga hasil perolehan suara dari praktik kecurangan," kata Priyo dalam rilis yang diterima CNBC Indonesia, Sabtu (20/4/2019).

"Tadi pertemuannya juga berjalan dengan lancar, semua tersenyum, dan kami berlima para sekjen partai koalisi juga memberikan masukan kepada Pak Prabowo. Dan Pak Prabowo juga menegaskan bahwa kita akan berjuang mengawal proses pemilu ini dengan cara yang konstitusional, dengan damai tetapi tidak lengah," tuturnya.

Simak video pidato kemenangan Prabowo di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading