Perkembangan Teknologi

Perlombaan Dimulai, Perusahaan Telko AS & Korsel Luncurkan 5G

Tech - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
04 April 2019 15:03
Tiga operator seluler Korea Selatan (Korsel) dan perusahaan telekomunikasi terkemuka AS Verizon Communications secara komersial meluncurkan layanan 5G, Rabu.
Jakarta, CNBC Indonesia - Tiga operator seluler Korea Selatan (Korsel) dan perusahaan telekomunikasi terkemuka AS Verizon Communications secara komersial meluncurkan layanan 5G, Rabu (3/4/2019).

Tanggal peluncuran itu lebih cepat dari jadwal mereka sebelumnya saat perusahaan-perusahaan itu berupaya menjadi yang pertama dalam perlombaan peluncuran teknologi nirkabel terbaru itu.


Awalnya, SK Telecom dan dua operator lain yang lebih kecil berencana meluncurkan layanan 5G di Korea Selatan Jumat nanti dengan smartphone baru Samsung Galaxy S10 yang berkemampuan 5G, dilansir dari Reuters.


Verizon dijadwalkan meluncurkan teknologi di Chicago dan Minneapolis pada 11 April, dan mengatakan bulan lalu para pelanggan dapat menggunakan 5G di gawai Motorola Z3 dan "Moto Mod."

Negara-negara termasuk Korea Selatan, Amerika Serikat, China, dan Jepang berlomba untuk memasarkan 5G, berharap teknologi ini akan memacu terobosan di bidang-bidang lain, seperti smartcity dan mobil tanpa sopir.

Perlombaan Dimulai, Perusahaan Telko AS & Korsel Luncurkan 5GFoto: Seorang wanita melihat ponselnya di sebelah tanda 5G di Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, 25 Februari 2019. (REUTERS / Sergio Perez)

Teknologi ini dapat menawarkan kecepatan data 20 kali lebih cepat daripada 4G long-term evolution (LTE) dan dukungan yang lebih baik untuk kecerdasan buatan dan realitas virtual (virtual reality) dengan latensi rendah.

Terkadang 5G dapat menawarkan kecepatan 100 kali lebih cepat.

Korea Selatan mengklaim sebagai negara pertama yang meluncurkan 5G, tetapi klaim itu diperdebatkan oleh operator AS yang mengatakan mereka meluncurkan 5G secara terbatas awal tahun lalu.

Perusahaan telekomunikasi AS AT&T Inc mengatakan perusahaannya adalah yang pertama untuk meluncurkan jaringan 5G "komersial dan berbasis standar" pada Desember 2018. Namun, layanan ini tersedia untuk perangkat hotspot seluler, belum pada ponsel.


Juru bicara SK Telecom Irene Kim mengatakan kepada Reuters bahwa perusahaan melakukan diskusi internal dan memutuskan untuk meluncurkan layanan 5G lebih awal karena perusahaan memiliki jaringan dan pelanggan yang siap.

Operator Korea Selatan mulai menawarkan layanan 5G pada jam 11 malam waktu setempat, Rabu.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading