Perkembangan teknologi

Canggih! Shenzhen Bakal Rilis Proyek Percontohan 5G Komersial

Tech - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
20 February 2019 21:22
Shenzhen, pusat teknologi China, akan meluncurkan proyek percontohan untuk penggunaan komersial 5G tahun ini.
Shenzhen, CNBC Indonesia - Shenzhen, pusat teknologi China, akan meluncurkan proyek percontohan untuk penggunaan komersial 5G tahun ini. Demikian laporan Biro Industri dan Teknologi Informasi Shenzhen seperti dilansir The Straits Times, Rabu (20/2/2019).

"Shenzhen akan memasang 1.955 BTS 5G tahun ini," tulis biro itu.

Hal itu akan mempercepat aplikasi seperti Internet of Things, manufaktur pintar, dan kendaraan yang terhubung.




Shenzhen yang dikenal sebagai China Silicon Valley bertujuan untuk menjangkau 851.000 pengguna melalui kabel serat optik 100 meter tahun ini.

"Manfaat bagi Shenzhen dalam melakukan program percontohan penggunaan komersial teknologi 5G ini lebih besar dari pada kota-kota lain di China, karena Shenzhen memiliki sejumlah besar perusahaan telepon seluler dan rantai industri telepon seluler paling terpusat di negara ini," ujar Wang Yanhui, kepala Mobile China Alliance yang berbasis di Shanghai, mengatakan kepada Global Times.

Perusahaan teknologi China seperti Huawei, Oppo, dan Vivo, semuanya berbasis di Shenzhen, yang juga bekerja untuk meningkatkan layanan Wi-Fi gratis di tempat umum. Kota-kota China mulai mengadopsi jaringan 5G untuk memenuhi permintaan publik.

Akhir bulan lalu, Bandara Internasional Guangzhou Baiyun di provinsi Guangdong China selatan meluncurkan stasiun pangkalan 5G. Jaringan 5G dalam ruangan akan dipasang di Stasiun Kereta Shanghai Hongqiao pada akhir tahun ini.
Simak video penjelasan CEO Telkomsel terkait 5G di bawah ini.

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading