Startup

Bangun Ekosistem, Grab Akan Kembangkan 3 Startup RI

Tech - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
06 March 2019 12:54
Grab sudah menentukan tiga startup yang akan dikembangkan.
Jakarta, CNBC Indonesia - GrabTaxi Holdings akan mengembangkan tiga perusahaan startup di Indonesia melalui program Grab Ventures Velocity. Bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif), Grab dalam tahap satu ini telah memilih 3 start up asal Indonesia untuk dikembangkan.

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, fokus dari pengembangan 3 startup ini ada di bidang jasa, di antaranya ticketing dan jasa pemotongan rambut. "Ada 3 start up yang akan kita kembangkan di tahap 1, di bidang ticketing, jasa dan macam-macam di sektor jasa di mana ada jasa pemotongan rambut di sini," kata Ridzki di Gedung Lippo Kuningan, Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Melalui program ini, kata Ridzki, Grab membuktikan langsung sebagai elemen yang dapat membantu pertumbuhan start up di Indonesia. Sektor-sektor yang dipilih itu dipilih dengan melihat seberapa besar pengaruhnya terhadap masyarakat Indonesia. Juga memastikan bisa memberi value added di dalam Grab.


"Apa yang kita butuhkan adalah kecepata. Speeds. Mereka butuh speeds. Sehingga kita lakukan mentoring dan tutoring di bidang teknologi di mana Grab memiliki talenta utama untuk bantu mereka," tutur Ridzki.


CEO dan Co-Founder Grab Anthony Tan mengakui, Grab tidak bisa menjadi yang terbaik di semua bidang. Tapi, Grab bisa memastikan bahwa Grab bisa menjadi yang terbaik membantu pengembangan startup di Indonesia dan menciptakan ekosistem yang baik.

"Kita bisa bantu startup ini untuk meningkatkan revenue kita 30%-70% karena mereka telah menjadi bagian dari Grab," kata Anthony.

Sehingga diharapkan dengan pengembangan 3 startup ini, Grab bisa tumbuh lebih pesat dan pendapatan ketiga startup itu berkontribusi kepada Grab. "Dan kostumer kita di Indonesia mendpaatkan layanan yang terbaik dari partner kita dan kita mendukung startup lokal di Indonesia." tambah Anthony.

Kendati demikian, baik Ridzki atau Anthony tidak menyebut nama tiga startup yang akan dikembangkan tersebut.

Asal tahu saja, Grab baru saja mendapatkan suntikan dana sebesar US$1,46 miliar dari Softbank Vision Fund. Suntikan dana ini mentasbihkan Grab sebagai startup decacorn pertama di Asia Tenggara. Decacorn merupakan startup yang memiliki valuasi di atas US$10 miliar.

Saksikan video tentang suntikan dana dari Softbank pada Grab dan status decacorn di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading