BRI Agro Rilis PINANG, Fintech Pinjaman Digital Pertama di RI

Tech - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
24 February 2019 18:25
BRI Agro Rilis PINANG, Fintech Pinjaman Digital Pertama di RI
Surakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (BRI Agro), anak perusahaan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, merilis produk layanan dan jasa keuangan digital terbaru yang dikenal dengan PINANG (Pinjaman Tenang).

Peluncuran dilaksanakan di Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (23/2/2019), yang dihadiri secara langsung oleh Wakil Direktur Utama Bank BRI Sunarso dan Direktur Utama BRI Agro Agus Noorsanto.

Agus mengatakan, PINANG adalah produk pinjaman digital BRI Agro berbasis aplikasi pertama di Indonesia. Aplikasi PINANG sudah fully digital dengan sistem digital verification, digital scoring, dan digital signature.


Menurut dia, dengan mengombinasikan teknologi digital, PINANG mempercepat proses pengajuan sampai dengan pencairan kurang dari 10 menit, dengan tenor yang fleksibel antara 1 sampai 12 bulan.



Pengajuan dapat dilakukan tanpa harus ke bank dan tanpa tatap muka secara langsung. Plafon pinjaman pun dapat di top-up hingga maksimum Rp 20 juta dan memiliki bunga yang terendah dibandingkan dengan layanan keuangan digital serupa.

"Kami memberikan layanan, jasa, dan bunga yang kompetitif bagi masyarakat yang hendak melakukan peminjaman melalui PINANG. Melalui proses yang cepat, murah, dan aman, serta plafon yang bersaing, kami yakin PINANG akan memberikan kemudahan ekstra kepada nasabah BRI Agro untuk melakukan pinjaman," kata Agus dalam rilis yang diterima CNBC Indonesia di Jakarta, Minggu (24/2/2019).
BRI Agro Rilis PINANG, Aplikasi Pinjaman Digital Pertama RIFoto: Dokumentasi BRI

Pada tahap awal, BRI Agro akan bekerja sama dengan PT Sri Rejeki Isman (Sritex) dengan menargetkan 17.000 pekerja bisa melakukan pinjaman melalui PINANG. Kerja sama ini nantinya akan meningkatkan employee engagement di perusahaan-perusahaan nasabah BRI dan meningkatkan value bagi para pekerja melalui bunga yang kompetitif.

Sunarso meyakini PINANG akan menjadi produk pinjaman digital yang andal dan kompeten bagi BRI Agro untuk dapat bersaing dan unggul dibanding produk pinjaman digital serupa yang dikeluarkan oleh fintech.

Utamanya dari sisi kecepatan, keamanan data konsumen, keunggulan suku bunga yang lebih rendah, dan bebas dari biaya tambahan. Apalagi industri keuangan perbankan merupakan industri yang sangat prudent.

"Saat ini masyarakat sudah dapat mengunduh PINANG di sistem operasi Android, Playstore," kata Sunarso.
Simak video terkait kinerja BRI di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading