Prabowo: Bila Tak Hati-Hati, Unicorn Hanya Bawa Kabur Uang RI

Tech - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
17 February 2019 22:25
Prabowo: Bila Tak Hati-Hati, Unicorn Hanya Bawa Kabur Uang RI
Jakarta, CNBC Indonesia - Calon Presiden nomor 01 Joko Widodo (Jokowi) tiba-tiba bertanya strategi rivalnya, Prabowo Subianto dalam pengembangan unicorn atau perusahaan startup yang memiliki valuasi di atas US$ 1 miliar. Ini terjadi dalam debat Capres yang dilakukan hari ini,

Dalam tanggapan awal, Prabowo sempat terlihat bingung dengan istilah unicorn. "Unicorn itu yang online online itu yah," tanya Prabowo, dalam debat Capres 2019, di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Jokowi pun menanggapi dengan mengatakan 4 dari 7 unicorn Asia Tenggara berasal dari Indonesia. Dia pun memaparkan program mengenai pengembangan perusahaan startup di Indonesia.


Namun, Prabowo mengaku tidak sepenuhnya sependapat dengan penyataan Jokowi tersebut. Menurutnya, keberadaan unicorn akan mempercepat uang di Indonesia akan lari ke luar negeri.

"Jadi kalau ada unicorn saya khawatir mempercepat membuat uang-uang kita lari ke luar negeri. Silakan anda ketawa tapi ini masalah bangsa. Menteri bapak sendiri mengatakan bahwa ada Rp 400 ttriliun uang Indonesia di luar negeri," ujarnya.

Prabowo mengaku tidak pesimis terhadap perkembangan teknologi termasuk perusahaan startup. Hanya, tuturnya, kalau tidak hati-hati maka ini bisa berdampak negatif terhadap Indonesia.

"Bukan saya pesimistis saya ingin menggugah kesadaran bahwa sistem sekarang ini memungkinkan uang kita mengalir ke luar negeri," ujarnya.

Prabowo juga menegaskan bahwa disparitas ekonomi di Indonesia masih terlalu tinggi. Suatu segelintir orang kurang dari 1% menguasai lebih dari setengah kekayaan kita," ujarnya.

Simak video '3 Pemuda Di Balik Startup Unicorn Indonesia'

[Gambas:Video CNBC] (dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading