Perkembangan Teknologi

Bikin Merinding! Ini Dia Pendapatan Streamer Video Game

Tech - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
16 February 2019 21:35
Tembus 2 Miliar per Bulan!

Tembus 2 Miliar per Bulan!

Lantas, bagaimana dengan sistem pembagian uang yang didapat dari hasil subscription?

Twitch menerapkan sistem pembagian sekitar 50:50 untuk kelas affiliate, seperti dilansir dari Polygon. Ini artinya, jika seorang streamer mendapatkan seorang subscriber Tier 1 (US$ 4,99/bulan) maka ia akan memperoleh pendapatan sekitar US$ 2,495.

Berdasarkan wawancara CNBC Indonesia dengan Tian ‘TianDaMan’ Caldwell yang merupakan seorang streamer asal AS, jika seorang streamer sudah naik kelas menjadi partner (ada syarat yang harus dipenuhi seperti jumlah viewer dan durasi streaming), streamer akan menegosiasikan bagian yang mereka terima dengan Twitch. Namun, besaran bagian yang mereka terima tak boleh dipublikasikan.


Menurut kabar yang beredar, streamer bisa mendapatkan bagi hasil hingga 70% jika sudah naik kelas menjadi partner.

Tim Riset CNBC Indonesia mencoba menghitung pendapatan dari 10 streamer terbesar di dunia (dari sisi jumlah subscriber) secara sangat konservatif. Pendapatan yang dihitung hanyalah pendapatan dari metode subscription dengan asumsi bahwa semua subscriber adalah Tier 1 dan metode bagi hasil yang digunakan adalah 50:50.



Dari tabel di atas, bisa dilihat bahwa Michael ‘shroud’ Grzesiek yang memiliki jumlah subscriber sebanyak 68.292 meraup pendapatan hingga US$ 170.389 setiap bulannya atau setara dengan Rp 2,41 miliar.

Di posisi 10, ada Tyler ‘Ninja’ Blevins yang memboyong US$ 63.041 setiap bulannya atau setara dengan Rp 891,4 juta dari 25.267 subscriber yang ia miliki.

Sekali lagi, pendapatan tersebut hanya berasal dari subscriber dan dihitung dengan sangat konservatif. Jika pendapatan dari donasi dan iklan dimasukkan, tentu angkanya akan menjadi semakin besar.

TIM RISET CNBC INDONESIA



(ank/roy)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading