Perkembangan Teknologi

Bikin Merinding! Ini Dia Pendapatan Streamer Video Game

Tech - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
16 February 2019 21:35
Jakarta, CNBC Indonesia - Seiring dengan perkembangan teknologi, ternyata mempertontonkan kebolehan kita bermain video game bisa menjadi mata pencarian utama. Sebagai informasi, orang yang memperontonkan permainan video game-nya kepada khalayak ramai lazim disebut sebagai streamer.

Biasanya, platform yang digunakan untuk melakukan kegiatan streaming adalah Twitch. Twitch merupakan sebuah live streaming video platform yang dimiliki oleh Twitch Interactive, anak usaha dari Amazon. Pada umumnya, konten di Twitch adalah segala sesuatu yang berbau video game, walaupun ada juga konten jenis lainnya seperti musik.

Melansir CNBC International, Amazon membeli Twitch pada tahun 2014 dengan nilai US$ 970 juta atau setara dengan Rp 13,66 triliun.


Ada 3 sumber pendapatan yang bisa didapatkan oleh seorang streamer, yakni subscription, donasi, dan iklan. Namun utamanya, pendapatan terbesar seorang streamer datang dari subscription.

Ketika penonton alias viewer menyukai streamer yang mereka saksikan, mereka bisa memilih untuk menjadi subscriber. Tarif yang dikenakan untuk menjadi subscriber berbeda-beda. Ada 3 tier subscriber yang disediakan oleh Twitch yakni Tier 1,2, dan 3.

Untuk menjadi subscriber Tier 1, biayanya adalah US$ 4,99/bulan. Sementara untuk subscriber Tier 2 dan 3, biayanya masing-masing adalah sebesar US$ 9,99/bulan dan US$ 24,99/bulan.

Apa keuntungan dari menjadi seorang subscriber? Yang pertama adalah emotes atau semacam stiker yang bisa digunakan ketika berkomunikasi dengan streamer ataupun sesama viewer di kolom chat yang disediakan. Emotes di Twitch berlaku global, yang artinya emotes dari seorang streamer bisa digunakan ketika berkomunikasi di kolom chat dari streamer lainnya.

Keuntungan kedua dari menjadi seorang subscriber adalah dibebaskan dari iklan di channel sang streamer. Ketiga, seorang subscriber akan mendapatkan akses untuk tetap berkomunikasi di kolom chat ketika streamer mengaktifkan sub-only mode.

Jika memilih berlangganan Tier 2 dan 3, biasanya kelebihannya hanyalah dalam jumlah emotes yang diberikan.

Saksikan video tentang srikandi game online Indonesia di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]



Tembus 2 Miliar per Bulan!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading