Internasional

Ikuti Apple iPhone, Facebook Setop Umumkan Jumlah Pengguna

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
06 February 2019 14:01
Ikuti Apple iPhone, Facebook Setop Umumkan Jumlah Pengguna
Jakarta, CNBC Indonesia - Facebook Inc mengikuti langkah yang dilakukan Apple Inc yang tidak lagi mengumumkan penjualan iPhone. Dalam paparan kinerja keuangan berikutnya Facebook tidak akan memaparkan jumlah pengguna aktif semua aplikasinya.

Jumlah pengguna aktif merupakan salah satu indikator utama bagi investor dalam menilai Facebook. Dalam paparan kinerja berikutnya manajemen akan menggabungkan semua pengguna aktif dalam aplikasi facebook, instagram, messenger, dan WhatsApp.

"Seiring waktu, kami berharap metrik seluruh pengguna akan memainkan peran utama dalam cara kami berbicara tentang perusahaan kami, dan pada akhirnya kami akan menghapus metrik komunitas khusus Facebook," kata CFO Dave Wehner dari Facebook dalam paparan kinerja keuangan, Mashable melaporkan, Rabu (6/2/2019).


Asal tahu saja, pada paparan kinerja keuangan kuartal IV-2018, jumlah pengguna facebook sudah mencapai 2,3 miliar. Diduga Facebook menghentikan laporan ini dikarenakan penurunan jumlah pengguna karena kebijakan baru facebook yang disebut interaksi yang bermakna.


Di sisi yang lain, pengguna instagram dan whatsApp terus tumbuh pesar dan memberikan kontribusi penting bagi perusahaan. Kedua layanan ini memiliki pengguna aktif hingga satu miliar pengguna.

Informasi saja, Apple memutuskan untuk mengumumkan penjualan iPhone pada paparan kinerja keuangan November 2018. Penjualan iPhone stagnan sepanjang 2018 lalu.

"Informasi penjualan unit kurang relevan saat ini, ketimbang di masa lalu," tutur chief Financial Officer Apple Luca Maestri, The Verge melaporkan. "Angka-angka penjualan unit dianggap tidak lagi mewakili kekuatan bisnis perusahaan."


Saksikan rencana Facebook integrasikan aplikasikannya dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading