Internasional

Unik, Bank Sentral Jamaika Kenalkan Inflasi via Musik Reggae

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
18 January 2019 14:28
Tahun ini bank sentral Jamaika targetkan inflasi 4% hingga 6%.
Jakarta, CNBC Indonesia - Bagi para pelaku ekonomi dan akademisi inflasi mungkin sesuatu yang akrab di telinga dan diperdebatkan. Namun, banyak pihak tidak terinformasikan secara jelas mengenai inflasi tersebut.

Untuk memperkenalkan inflasi, Bank of Jamaica (BoJ) memiliki cara yang unik sekaligus cerdik. Mereka memperkenalkan inflasi dan target BoJ menggunakan musik yang ditenarkan Bob Marley, musik reggae.


Tony Morrison, direktur hubungan masyarakat Bank Jamaika, adalah otak di balik kampanye ini.

"Ini adalah serangan dari berbagai sisi, menggabungkan billboard, jingle radio, dan iklan televisi. Video-video tersebut sekarang sudah tersebar secara online," ujar Tony Morrison, Quartz melaporkan, Jumat (18/1/2019).


Saat ini salah satu video yang disebar lewat Twitter itu sudah ditonton hampir 200.000 kali. Inovasi ini pun telah mendapat apresiasi dari ekonom Damien King.


"Membangun kredibilitas stance kebijakan baru memang perlu dan cara ini cukup positif di tingkatan lokal karena masyarakat bisa sama-sama mengawasi pencapaiannya," ujar Damien King.

Jamaika merupakan salah satu negara yang memiliki inflasi yang sangat tinggi akibat kekacauan ekonomi dan politik selama beberapa dekade.

Hingga 2015, inflasi Jamaika masih berada di kisaran dua digit tetapi tetap membaik. Pada tahun 1991, inflasi Jamaika sempat mencapai 90%.

Setelah lima tahun reformasi ekonomi berjalan, tahun lalu inflasi berada di kisaran 2,5% dan tahun ini target resmi BoJ berada di kisaran 4% hingga 6%.

Meskipun orang-orang Jamaika mengerti mengapa inflasi rendah itu baik, Morrison mengatakan kepada Quartz, "mereka hanya tidak mengerti mengapa terlalu rendah itu buruk. Ketika kita mulai mengincar 3%, atau suatu hari mungkin 2%, kita harus menjelaskan mengapa kita tidak mengincar 1% atau 0%," jelasnya.

Video kampanye tersebut mengikuti format yang sama: gitar yang riang, irama yang mengajak menarik, musisi yang berbagi kabar baik tentang inflasi. Video lain dari seri ini menampilkan Mitsubishi Evo X yang dikendarai dengan kecepatan tinggi oleh seorang wanita dengan helm putih.


(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading