Internasional

Persaingan Ketat, Nilai Merek Samsung Naik Jadi Rp 892,5 T

Tech - Wangi Sinintya, CNBC Indonesia
04 October 2018 16:12
Persaingan Ketat, Nilai Merek Samsung Naik Jadi Rp 892,5 T
Seoul, CNBC Indonesia - Samsung Electronics Co. pada Kamis (4/10/2018) menyatakan memiliki nilai merek mencapai US$59,9 miliar atau setara Rp 892,5 triliun (asumsi US$1 = Rp 15.000), di tengah persaingan dalam smartphone, peralatan rumah tangga dan chip.

Pernyataan yang dikeluarkan Samsung Electronics ini mengutip hasil riset dari konsultan global, Interbrand. Lembaga riset ini menjelaskan Samsung berada di urutan keenam dalam daftar 100 merek teratas dunia. Nilai Samsung naik 6,5% dari nilai merek pada 2017 sebesar US$56,2 miliar.

Samsung mengatakan, Interbrand mengakui upaya perusahaan dalam apa yang disebut "inovasi yang digerakkan manusia," seperti smartphone Galaxy Note 9, mesin cuci Quick Drive dan TV layar besar yang dapat disesuaikan. 


"Potensi berlanjutnya pertumbuhan berdasarkan teknologi inovasi masa depan termasuk 5G, AI, IoT dan bisnis otomotif adalah kekuatan lain dari Samsung," kata perusahaan itu, mengutip Interbrand seperti dilaporkan kantor berita Yonhap.

"Bisnis semikonduktor Samsung memperkuat kepemimpinan pasarnya tahun ini, menunjukkan pertumbuhan signifikan pada tahun tahun lain," kata perusahaan itu.

"Bisnis seluler terus mempromosikan perangkat yang terinspirasi oleh konsumen, termasuk Galaxy S9, Galaxy Note 9 dan Galaxy smartwatches," tambahnya.

Saingan terbesar Samsung, Apple Inc., menduduki daftar teratas di $ 214,4 miliar, diikuti oleh Google dengan $ 155,5 miliar. Perdagangan online Amazon.com mengambil tempat ketiga dengan $ 176 miliar. Microsoft Corp dan Coca-Cola melengkapi lima besar.

Hyundai Motors Co. dan Kia Motor Corp masing-masing menempati posisi ke-36 dan ke-71.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading