Cryptocurrency

Inggris Segera Legalkan Bitcoin Cs Sebagai Mata Uang?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
19 September 2018 18:46
Parlemen Inggris minta pemerintah melakukan pengawasan atas masalah peretasan, volatilitas harga dan anonimitas pada Bitcoin Cs.
Jakarta, CNBC Indonesia - Parlemen Inggris ingin mengendalikan pergerakan liar harga mata uang digital (cryptocurrency) dan mempersiapkan diri sebagai rumah yang sah untuk perdagangan Bitcoin Cs.

Pada Rabu (19/9/2018) Komite Keuangan Parlemen Inggris mengeluarkan laporan yang menyerukan pemerintah agar mengatasi masalah peretasan, volatilitas harga dan anonimitas pada Bitcoin Cs yang dapat menyuburkan kejahatan.

Cryptocurrency adalah uang digital yang dirancang untuk berfungsi sebagai media pertukaran nilai. Bitcoin Cs menggunakan kriptografi untuk mencatat dan mengamankan transaksi keuangan. Token virtual yang dibeli konsumen dapat digunakan untuk melakukan pembayaran.


Makalah ini mengklaim bahwa pemerintah Inggris saat ini memiliki sikap ambigu terhadap industri Bitcoin Cs.


"Pemerintah belum memutuskan apakah membiarkan harga yang terus bergerak liar berlanjut atau mereka akan memperkenalkan aturan baru, saat ini konsumen belum terproteksi," ujar laporan tersebut.

Ketua komite, Nicky Morgan MP, menambahkan pemerintah dan regulator tidak secara berkelanjutan mengeluarkan peringatan kepada investor potensial akan risiko Bitcoin Cs.

Laporan tersebut mencatat regulasi yang lebih baik dapat mengurangi volatilitas suatu aset digital. Harga Bitcoin meningkat dari US$6.472 pada bulan November 2017 menjadi US$17.629 pada bulan Desember 2017, dan kemudian jatuh kembali ke US$7.208 pada Februari 2018.

Para anggota parlemen juga menyarankan pemerintah, sebagai bagian dari reformasi regulasi, memposisikan diri sebagai pusat global perdagangan Bitcoin Cs.

Bursa penukaran mata uang digital Coinbase berkontribusi pada laporan tersebut. Dalam sebuah email ke CNBC pada hari Selasa, CEO Coinbase Inggris Zeeshan Feroz mengatakan bahwa Inggris perlu melakukan reformasi dengan cepat atau kehilangan kesempatan.

"Inggris sedang berlomba dengan pusat keuangan lain di seluruh dunia untuk menjadi ibu kota mata uang digital dunia, jadi penting peraturan ini dilaksanakan secepat mungkin," katanya.



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading