Perkembangan Teknologi

Tangani Hoax, Facebook Beli Perusahaan AI Asal Inggris

Tech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
03 July 2018 15:47
Tangani Hoax, Facebook Beli Perusahaan AI Asal Inggris
Jakarta, CNBC Indonesia - Facebook membeli perusahaan kecerdasan buatan (artificial intelligence/ AI) asal Inggris untuk membantu menangkal maraknya berita palsu atau hoax. Langkah itu disebut akan menjadi perubahan penting dalam strategi situs media sosial yang terus menghadapi masalah konten tersebut, TechCrunch melaporkan pada hari Senin (2/7/2018) yang dikutip CNBC International.

Facebook telah berjanji dalam beberapa bulan terakhir untuk menambah jumlah editor manusia dan AI yang dapat mendeteksi masalah dalam usahanya menangani masalah pemilihan umum Amerika Serikat (AS) yang dipengaruhi dan penyalahgunaan platform.


Menjelang pemilihan umum global, media sosial terbesar di dunia itu baru-baru ini memperluas sumber daya pengecekan fakta ke lebih banyak negara.

Akuisisi terhadap Bloomsbury AI yang berbasis di London diperkirakan akan menelan biaya hanya US$30 juta (Rp 432,1 miliar) tetapi bisa memberi sinyal bahwa Facebook sekarang ini tengah mencari bantuan dari luar perusahaan untuk melengkapi upaya-upayanya sendiri.

Facebook menolak berkomentar.

Bloomsbury AI mengembangkan alat bahasa alami untuk fungsi tanya-jawab. Produk perusahaan, Cape, dapat membaca dokumen teks dan menjawab pertanyaan tentang konten, termasuk pertanyaan yang melibatkan penalaran dan sintesis, menurut laporan di situs startup tersebut.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading