Lawan Hoax, 3,2 Miliar Akun Facebook Dihapus Mark Zuckerberg

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
14 November 2019 11:19
Facebook Inc melaporkan telah menghapus 3,2 miliar akun Facebook karena mengandung konten berbahaya seperti hoaks dan penyebar ujaran kebencian.
Jakarta, CNBC Indonesia - Facebook Inc melaporkan telah menghapus 3,2 miliar akun Facebook karena mengandung konten berbahaya seperti hoaks dan penyebar ujaran kebencian. Penghapusan akun ini dilakukan pada April hingga September 2019.

Aksi penghapusan akun ini merupakan yang terbanyak dilakukan Facebook. Pada periode yang sama tahun lalu Facebook menghapus 1,5 miliar akun. Facebook juga menyatakan telah menghapus 11,4 juta konten berisi ujaran kebencian.


Dalam laporan terbaru ini, Facebook juga memasukkan aksi penghapusan akun Instagram dengan menghapus 1,2 juta akun. Kebanyakan penghapusan ini dikarena akun mengandung pornografi anak dan eksploitasi seksual.


Facebook juga memasukkan kata bunuh diri dan menciderai diri sendiri sebagai kategori konten berbahaya. Facebook menyatakan telah menghapus 1,6 juta konten tentang bunuh diri di Instagram, seperti dikutip dari CNBC International, Kamis (14/11/2019).

Aksi penghapusan kontan dan akun ini merupakan jawaban atas kritik berbagai pihak soal Facebook dianggap tak responsif dalam menangkal penyebaran informasi salah (disinformation).

Baru-baru ini Facebook diserang kritikus karena tidak mau menghapus iklan politik seperti yang langkah yang diambil Twitter. CEO Facebook Mark Zuckerberg menyatakan iklan politik merupakan bagian dari kebebasan berbicara.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading