Startup

Uber Truk China Ini Disuntik Rp 26 T Oleh Google Dan Softbank

Tech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
24 April 2018 19:10
Uber Truk China Ini Disuntik Rp 26 T Oleh Google Dan Softbank
Jakarta, CNBC Indonesia - Softbank Group dari Jepang dan CapitalG, modal ventura milik Alphabet Inc, bersama dengan beberapa investor lainnya menyuntikkan dana sebesar US$1,9 miliar atau setara Rp 25,65 triliun untuk platform layanan pemesaran truck online bernama Manbang, kata perusahaan China tersebut pada hari Selasa.

Manbang sebelumnya dikenal dengan nama Grup Full Truck Alliance, mengatakan investasi tersebut dipelopori oleh Vision Fund Softbank yang mendapatkan dana dari Apple Inc, Foxconn, dan lembaga pengelolaan dana kekayaan negara Arab Saudi.

China Reform fund (perusahaan ekuitas swasta yang didukung negara) dan Ward Ferry (perusahaan investasi yang berbasis di Hong Kong) juga ikut menjadi investornya.


Investasi tersebut akan membantu Manbang mengembangkan pasar dan area bisnis baru. Sekitar 5,2 juta dari total 7 juta lini truck trunk China yang merupakan anggota dari Full Truck Alliance.

Manbang, yang sering disebut sebagai 'Uber truk-nya' China, menjalankan sebuah aplikasi yang memungkinkan pengirim barang untuk terhubung dengan pengemudi truk, memenuhi permintaan untuk pengangkutan di salah satu pasar transportasi barang tersibuk di dunia.

Investasi tersebut pertama kali diberitakan oleh Wall Street Journal, mengutip seorang sumber, yang mengatakan tambahan dana tersebut akan menjadikan valuasi perusahaan menjadi US$6 miliar.

CEO Manbang, Wang Gang mengatakan perusahaan akan menggunakan sebagian besar dana untuk merekrut pekerja, dan jika dibutuhkan mungkin akan digunakan untuk melakukan akuisisi juga.

"Kesepakatan tersebut merupakan kemajuan bagi pengembangan yang dilakukan Manbang untuk menjadi platform terbesar di dunia dalam bidang kapasitas transportasi." (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading