Startup

Ada Risiko Lisensi, Spotify Beli Perusahaan 'Lagu Cover"

Tech - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
13 April 2018 11:42
Ada Risiko Lisensi, Spotify Beli Perusahaan 'Lagu Cover
London/Stockholm, CNBC Indonesia - Spotify, layanan streaming musik terbesar di dunia, mengatakan pada hari Kamis (12/4/2018) akan membeli Loudr.fm, sebuah penyedia teknologi lisensi yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat. Pembelian tersebut ditujukan untuk bantu menempatkan para penulis lagu dan membayar royalti mereka.

Melansir dari Reuters, akuisisi ini bantu menangani kelemahan utama yang Spotify miliki di model bisnisnya, yaitu menempatkan dan memastikan hak bayaran artis untuk karya hak cipta mereka. Masalah ini belum ditangani dan membuka ruang untuk gugatan hukum.


Namun, ketentuan keuangan dari kesepakatan pertama setelah Spotify melantai di Bursa Saham New York awal bulan ini tidak diungkap.


Spotify digugat oleh Wixen Publishing yang menuntut kerugian hingga $1,6 miliar (Rp 22 triliun) tahun lalu. Perusahaan yang berbasis di California, AS, tersebut mewakili sejumlah artis, termasuk Tom Petty, Neil Young, Rage Against the Machine dan Missy Elliott.

Loudr dibentuk tahun 2013 oleh tiga pendiri untuk menyederhanakan proses bagi para musisi yang mempublikasikan lagu artis lain agar bisa mengindentifikasi, melacak dan membayar royalti untuk "lisensi mekanis" yang dipinjam oleh penerbit musik. Hal-hal tersebut bisa termasuk versi cover dari sebuah lagu, contoh, remix atau medley.

Perusahaan tersebut menawarkan sistem untuk memperoleh lisensi mekanik otomatis di bawah undang-undang hak cipta AS. Undang-undang tersebut tidak mewajibkan musisi untuk berinteraksi di dalam negosiasi lisensi awal sebelum menampilkan lagu dari artis lain. Denda untuk lisensi berkisar dari $35 untuk pengajuan elektronik sampai $85 untuk tercetak.

Spotify setidaknya telah melakukan 10 aksi korporasi, khususnya akuisisi yang berfokus di teknologi selama beberapa tahun belakangan demi memperbaiki layanannya.

Harga saham Spotify ditutup di angka $149,10/saham, tidak terlalu berubah dalam sehari. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading