Cryptocurrency

Cegah Penyimpangan, India Tagih Pajak Bitcoin Cs

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
09 February 2018 06:42
Cegah Penyimpangan, India Tagih Pajak Bitcoin Cs
Jakarta, CNBC Indonesia — Otoritas Pajak India telah mengirimkan pemberitahuan pada 100.000 investor Bitcoin Cs yang dicurigai menyembunyikan keuntungan. Langkah ini dianggap sebagai bentuk ketegasan pemerintah India dalam mencegah tindakan ilegal pada Bitcoin Cs.

Pengumuman ini disampaikan seminggu setelah Menteri Keuangan India Arun Jaitley mengatakan dalam pidato anggaran tahunan akan mengambil langkah untuk menghilangkan penggunaan Bitcoin Cs untuk tujuan ilegal.

“Kami menemukan tidak ada kejelasan mengenai investasi yang dilakukan banyak orang, artinya mereka belum mengumumkannya dengan benar,” ujar Sushil Chandra, Ketua Dewan Pengawas Pajak Langsung (Central Board of Direct Taxes) pada Selasa, 7/2/2018) seperti dikutip dari Financial Times.


Dalam studi yang dilakukan otoritas pajak pada bursa pertukaran Bitcoin Cs di India mendapati banyak pihak yang sudah berinvestasi di Bitcoin Cs tetapi tidak membayarkan pajaknya.


“Masyarakat telah berinvestasi (dalam Bitcoin Cs) dan … belum membayar pajak atas keuntungan dari investasi. Kami mengirimkan pemberitahuan pada mereka bahwa hasl investasi tersebut terkana pajak,” ujar Sushil.

Selama ini para investor di India menikmati harga Bitcoin Cs premium ketimbang harga internasional. Hal ini akibat dari kebijakan pemerintah yang melakukan kontrol modal yang menyukitkan pengguna membeli aset di bursa luar negeri dan investor asing tak terlalu leluasa mengambil keuntungan dari harga di India.

India, bersama dengan negara-negara lainnya, semakin khawatir akan potensi penggunaan Bitcoin Cs untuk tindakan pencucian uang di dalam negeri dan mengirimnya secara diam-diam melintasi perbatasan negara.

“Pemerintah akan mengambil semua tindakan untuk menghilangkan penggunaan aset cryptocurrency (mata uang digital) dalam membiayai kegiatan yang tidak sah,” ujar Menteri Keuangan India Arun Jaitley.

Pengenaan pajak penghasilan atas keuntungan Bitcoin Cs di Korea Selatan dan Jepang telah menjadi isu yang menyebabkan kejatuhan harga BItcoin Cs dalam seminggu terakhir.

Menurut CoinSecure, bursa penukaran Bitcoin Cs di India pada Kamis pagi (8/2/2018) harga Bitcoin berada di US$9.168 atau turun 16,6% dari hari sebelumnya. Harga ini tergolong premium sebab menurut Coinbase pada hari yang sama Bitcoin diperdagangkan pada harga US$8.170. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading