Perusahaan Teknologi

VMware Akuisisi Dell Jadi Sejarah Baru Industri Digital

Tech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
30 January 2018 17:03
VMware Akuisisi Dell Jadi Sejarah Baru Industri Digital
Jakarta, CNBC Indonesia – Dell Technologies bisa kembali jadi perusahaan publik. Caranya, dengan melakukan aksi korporasi merger terbalik (reverse-merger) dengan VMware, perusahaan cloud computing bernilai US$60 miliar.

Sejatinya VMware merupakan perusahaan milik Dell. Pada 2015 Dell mengakuisisi EMC senilai US$667 miliar. VMware merupakan anak usaha dari EMC. Sekarang VMware yang akan mengakuisisi Dell.

Menurut sumber CNBC Indonesia, VMware akan membeli Dell dan kemudian menjadikan saham Dell diperdagangkan di pasar saham tanpa melakukan pendaftaran (backdoor listing). Kesepakatan ini akan jadi kesepakatan terbesar dalam sejarah industri teknologi.

Dana yang didapatkan dari penjualan saham akan digunakan Dell membayar utang pada investor sebesar US$50 miliar. Dell memutuskan untuk go private tahun 2013.


Dampak dari berita ini saham VMware sempat anjlok hingga 8,5% pada perdagangan Senin (29/1/2018).

Cara ini akan menghindarkan Dell melakukan penawaran saham perdana kembali. Namun opsi ini belum final. Manajemen Dell masih menimbang beberapa opsi termasuk untuk akuisisi atau membeli saham VMware yang tidak dimilikinya.

Dell memiliki 80% saham VMware, yang merupakan salah satu pelopor teknologi virtualisasi. Sebuah proses yang memungkinkan perusahaan untuk menjalankan komputer di pusat data mereka sehingga lebih efisien, dengan mengepak beberapa komputer “virtual” di satu perangkat keras.

Meskipun teknik ini masih banyak digunakan, namun prospek pertumbuhan VMware ke depannya kurang baik. Pasalnya, banyak perusahaan yang telah menggunakan layanan cloud besar seperti Amazon dan Microsoft.

Andai VMware akuisisi Dell, VMware akan menerbitkan saham ke Michael Dell dan Silver Lake, pemilik pribadi Dell. Pemilik kemudian dapat menjual saham di pasar saham sebagai cara untuk memonetisasi investasi mereka di Dell, ujar sumber tersebut.

Valuasi Dell tidak bisa diketahui pasti karena perusahaan tersebut tidak tercatat lagi di bursa.. Dell beralih menjadi perusahaan pribadi pada kesepakatan senilai $24,4 miliar pada tahun 2013 lalu, yang kemudian mengakuisisi EMC seharga $67 miliar pada tahun 2015, sebuah kesepakatan yang masih merupakan akuisisi teknologi terbesar sepanjang masa.

Secara teoritis, akuisisi VMware untuk Dell akan menjadi akuisisi teknologi terbesar yang pernah ada. Pendapatan VMware yang sebelumnya menurun, kini secara konsisten tumbuh setiap tahun.

Penjualan tahunan naik 6,7% pada 2016 dari 2015 setelah enam tahun berturut-turut mengalami pertumbuhan dua digit. Laba bersih sebesar US$1,2 miliar pada tahun 2016 merupakan pencapaian tertinggi sepanjang masa bagi perusahaan tersebut dan pada tahun 2017 perusahaan diperkirakan akan melampaui pencapaian tersebut.

Juru bicara untuk Dell dan Vmware menolak memberi komentar. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading