Cryptocurrency

Analis: Harga Bitcoin Cs Sudah Mendekati Fundamentalnya

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
18 January 2018 16:42
Dalam 12 bulan terakhir Bitcoin Cs mendapatkan apresiasi berlebihan dari pelaku pasar sehingga harga tak mencerminkan fundamental
Jakarta, CNBC Indonesia — Kejatuhan harga mata uang digital (cryptocurrency) ternyata tidak sepenuhnya buruk. Anjloknya harga Bitcoin Cs bisa juga diartikan waktu yang tepat masuknya investor baru yang sudah lama menunggu untuk masuk.

“Setahun terakhir pasar sudah memberikan apresiasi lebih pada mata uang digital melampaui fundamentalnya. Penurunan harga ini diharapkan membuat mata uang digital lebih dekat pada fundamentalnya,” ujar analis dan penulis buku, Chris Burniske.

Selama 12 bulan terakhir, Bitcoin Cs mendapatkan kenaikan harga yang fantastis. Harga Bitcoin telah naik 2.000% yang membuat bursa berjangka CME dan Cboe menerbitkan kontrak berjangka Bitcoin.


Mata uang digital lainnya seperti Ripple dan Ethereum tumbuh lebih cepat lagi. Bahkan beberapa initial coin offering (ICO) pada tahun lalu telah berhasil mengumpulkan dana US$4,2 miliar. 


Sekarang spekulasi berlebihan tersebut sudah berhenti. Menurut CoinDesk, dalam dua hari terakhir, harga Bitcoin sudah merosot 30% menuju dibawah US$10.000. Ethereum turun lebih dari 20% menjadi dibawah US$1.000 dan harga Ripple sudah dibawah US$1 per koin.

“Hari dimana investor bisa mengumpulkan ratusan juta dollar hanya dengan kertas kosong sudah berakhir. Kami menemukan tantangan yang lebih tinggi dalam ICO daripada sebelumnya,” ujar Joe DiPasquale, pendiri dan CEO BitBull Capital, sebuah perusahaan uang digital yang berinvestasi pada perusahaan uang digital lain.

Seorang manajer investasi Brian Kelly mengatakan rencana Korea Selatan batasi BItcoin Cs jadi sentimen yang besar tetapi bersifat sementara. “Ada peralihan dari investor Asia yang dilarang berinvestasi kepada investor AS dan Jepang yang baru memulai menemukan aset yang sesuai,” ujarnya.
Artikel Selanjutnya

Terus Membaik, Bitcoin Diperdagangkan Rp 152,27 Juta/Koin


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading