Cryptocurrency

Ini Alasan Kenapa Rencana Korsel Bikin Harga Bitcoin Anjlok

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
18 January 2018 14:34
Korsel pasar terbesar ketiga terbesar di dunia.
Jakarta, CNBC Indonesia — Kejatuhan harga Bitcoin Cs  di beberapa hari terakhir menimbulkan pertanyaan. Bagaimana bisa sebuah kabar tentang pemerintah Korea Selatan (Korsel) yang ingin mengambil tindakan pada Bitcoin Cs bisa mempengaruhi harga mata yang digital.

Kabar dari Korsel memang telah membuat Bitcoin kehilangan hampir seperempat nilainya dalam seminggu terakhir. Pada Rabu (17/1/2018) harga Bitcoin US$11.750 atau setara Rp 158,62 juta (asumsi US$1 = Rp 13.500) padahal sebulan sebelumnya harga Bitcoin mendekati US$20.000.

BBC.com menjabarkan kenapa rencana Korsel ini dapat mempengaruhi persepsi investor dan menimbulkan kepanikan di pasar.
  • Korsel salah satu pasar utama Bitcoin Cs
Menurut situs mata uang digital Coinhills, Korea selatan pasar terbesar terbesar ketiga Bitcoin Cs di dunia. Pasar terbesarnya ada di Jepang dan Amerika Serikat (AS). Perhitungan ini didasarkan volume Bitcoin Cs yang telah ditukarkan ke berbagai mata uang.


Asosiasi Industri Blockchain Korea Selatan mmemperkirakan penukaran Bitcoin Cs punya porsi yang terus membesar dalam transaksi keuangan ritel. Hal inilah yang membuat harga Bitcoin Cs lebih tinggi 30% ketimbang harga di beberapa negara.
  • Peran teknologi
Banyak orang Korsel terutama generasi muda menyukai hal-hal yang terkait teknologi. Hal ini membuat Bitcoin Cs menjadi menarik bagi mereka dan menggunakannya dalam bertransaksi.

Apalagi Korsel memiliki infrastruktur IT dan menawarkan koneksi internet yang cepat sehingga membutuhkan biaya yang lebih murah dan cepat dalam bertransaksi Bitcoin Cs.
  • Peranan Ekonomi
Banyak orang yang berinvestasi dan berjudi di Bitcoin Cs karena tertarik akan hasil investasi yang didapatkannya selama 2017. Perlambatan ekonomi Korsel beberapa tahun terakhir telah meningkatkan angka pengangguran.  Banyak anak muda Korsel yang mencari alternatif pendapatan dengan cara cepat. 

Ini yang membuat banyak anak muda Korsel mengumpulkan Bitcoin Cs sambil berharap harganya akan naik tinggi dalam waktu singkat.

Rencana Korsel untuk membatasi transaksi Bitcoin Cs telah mengundang reaksi dikalangan anak muda. Lebih dari 200.000 orang telah menandatangani petisi di situs resmi presiden Korsel yang meminta membatalkan rencana pembatasan Bitcoin Cs di situs resmi Presiden Jae-in yang meminta agar "mimpi bahagia" pedagang Bitcoin di Korea Selatan dapat tetap berada di tempat.
(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading