Cryptocurrency

Setelah Dua Hari Koreksi, Harga Bitcoin Cs Kembali Rebound

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
18 January 2018 10:52
Kenaikan harga ini membuat kapitalisasi pasarnya meningkat US$100 miliar menjadi US$520 miliar.
Jakarta, CNBC Indonesia — Nilai pasar mata uang digital (cryptocurrency) rebound pada Rabu sore (17/1/2018) setelah dua hari berturut-turut harganya mengalami koreksi yang cukup dalam.

Kenaikan harga ini membuat kapitalisasi pasarnya meningkat US$100 miliar menjadi US$520 miliar. Sebelumnya kapitalisasi pasarnya US$412 miliar, ini menjadi kapitalisasi pasar terendah yang pernah dicatatkan mata uang digital semenjak boomingnya koin ini.

Sepuluh hari sebelumnya, kapitalisasi pasar Bitcoin Cs sempat mencapai titik tertinggi diatas US$830 miliar. Adanya kekhawatiran pelarangan transaksi di Korea Selatan memukul nilai mata uang digital ini. 


Pada Rabu harga Bitcoin sempat di bawah US$9.500. Padahal pada pertengahan Desember lalu harganya hampir menyentuh US$20.000. 


Pendiri mata uang digital IOTA, David Sonstebe menganggap wajar penurunan harga mata uang digital. Koreksi yang terjadi tidak sedalam jika melihat konteksnya.

“Pada puncak tertinggi harganya ada lebih dari 40 individu yang memiliki kekayaan US$1 miliar dimana sebagai besar dari mereka tidak memiliki produk atau tim yang bekerja. Koreksi ini memang terlihat mengerikan bagi mereka yang baru masuk tetapi nilai uang digital sudah bergerak seperti roller coster beberapa kali. Kapitalisasi pasar saat ini setara dengan nilai sebulan sebelumnya,” ujar Sonstabe pada Business Insider.

Brad Zastrow, Direktur Bisnis Globa Dash, perusahaan mata uang digital lainnya mengatakan pada masa mendatang situasi yang sama bisa terjadi kembali namun proyeksi jangka panjang mata uang digital akan menguat. “Saya tidak melihat koreksi ini akan berdampak pada nilai di masa depan,” ujarnya.
(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading