Cryptocurrency

Cetak Rekor Lagi, Harga Ethereum Sekarang Rp 19,14 juta

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
10 January 2018 16:23
Dalam satu minggu ini harga Ethereum telah naik 60%. Tahun lalu harganya naik 13.000%
Jakarta, CNBC Indonesia – Setelah sempat turun dalam, harga mata uang kripto (cryptocurrency) Ethereum kembali mendaki. Menurut CoinDesk pada hari ini Ethereum mencatatkan harga tertinggi sejak pertama kali diluncurkan. Mata uang digital ini dihargai US$1.417,38 per koin atau setara dengan Rp 19,14 juta (Asumsinya US$1 = Rp 13.500) . 

Reli harga ini membuat investor Ethereum menikmati kenaikan harga 60% dalam satu minggu. Tahun lalu harga Ethereum telah naik 13.000%. Ethereum merupakan mata uang dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua di dunia. Ethereum memiliki kapitalisasi pasar senilai US$131,5 miliar. 

Koin digital didukung oleh blockchain dengan penggunaan yang berbeda-beda dan spesifik. Banyak yang melihat mata uang kripto akan bisa digunakan dalam dunia nyata.


Beberapa perusahaan besar sudah melakukan ujicoba terhadap teknologi ini. Sebuah konsorsium bernama Enterprise Ethereum Alliance yang terdiri dari Microsoft and JP Morgan, telah mengembangkan aplikasi menggunakan blockchain Ethereum. 

Saat ini banyak investor yang melirik mata uang digital alternative untuk mencari keuntungan. Banyak investor yang mulai mengalihkan investasinya pada Ripple dan Ethereum setelah harga Bitcoin dianggap kemahalan. Sebanyak 43% pembeli Eteherum merupakan konversi dari Bitcoin. 

Tahun lalu, beberapa perusahaan telah berhasil mengumpulkan dana lebih dari US$3,7 miliar melalui initial coin offering (ICO). Dari aksi korporasi ini investor tidak mendapatkan saham tetapi koin yang bisa diperdagangkan dan ditukarkan. Banyak ICO menggunakan protocol Ethereum. 

“Kenaikan harga Ethereum menjadi bukti meningkatnya popularitas Etehereum sebagai platform untuk aplikasi terdesentralisasi. Selama satu setengah tahun terakhir token yang terbitkan melalui ICO dan diperdagangkan di bursa menggunakan jaringan Ethereum,” ujar Thomas Glucksmann, Head of Business Development APAC, perusahaan penukaran mata uang kripto Gatecoin seperti dikutip dari CNBC.com.

(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading